Latar belakang adanya pemanggilan Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat ke Dallat, Saigon (Vietnam) oleh Marsekal Terauchi tanggal 9 Agustus 1945 adalah

Latar belakang adanya pemanggilan Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat ke Dallat, Saigon (Vietnam) oleh Marsekal Terauchi tanggal 9 Agustus 1945 adalah

Jawaban

Penyebab pemanggilan Ir. Soekarno, Moh Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat ke dallat karena Pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki.

Pembahasan

Setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh Sekutu dengan bom atom. Para pemimpin pejuang kemerdekaan Indonesia berusaha untuk membebaskan negara mereka. Salah satunya bertemu Jenderal Hisaichi Terauchi  di Dalat, Vietnam. Pada tanggal 6 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir pertamanya di Hiroshima. Keesokan harinya, bom atom lain dijatuhkan di Nagasaki. Hal-hal meningkat setelah Uni Soviet menginvasi Manchuria dan menyatakan perang. Karena kondisi ini, Jenderal Hisaichi Terauchi mulai mengundang Ir. Sukarno, Mo Hatta dan Rajman Wediodiningrat tiba di Markas Besar Angkatan Darat Selatan di Dalat, Vietnam. Inti dari konferensi ini adalah membahas masalah kemerdekaan Indonesia.

Pada perjalanan, Ir. Sukarno dan para pembantunya bermalam di Singapura dan  Saigon. Pagi-pagi sekali, rombongan meninggalkan Saigon menuju Dalat. Pertemuan kelompok dengan Shogun Terauchi dijadwalkan pukul 10 pagi waktu setempat. Pada pertemuan tanggal 11 Agustus 1945, Jenderal Terauchi menyatakan bahwa pemerintah Jepang di Tokyo telah memutuskan untuk memberikan kemerdekaan kepada seluruh wilayah Hindia Belanda. Namun, wilayah ini tidak termasuk Malaya dan bekas jajahan British Borneo. Di situs Universitas Negeri Yogyakarta, Jenderal Terauchi melaporkan pada pertemuan yang sama bahwa kemerdekaan Indonesia pertama kali diakui pada 24 Agustus 1945. Namun, ternyata pemberian kemerdekaan ini dipercepat setelah peristiwa penjatuhan bom di Hiroshima dan Nagasaki.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …