Administrasi pendidikan pada dasarnya membicarakan aktivitas?

Administrasi pendidikan pada dasarnya membicarakan aktivitas?

Jawaban

Pengertian Administrasi Pendidikan , administrasi pendidikan adalah bentuk upaya untuk mengintegrasikan kegiatan serta program yang ada. Kegiatan ini saling bergantung dengan kelompok maupun individu yang mempunyai tujuan yang sama untuk kepentingan peserta didik.

Pembahasan

Pengertian administrasi pendidikan dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai berikut. Dr M. Ngalim Purwanto menjelaskan bahwa administrasi pendidikan adalah proses mengintegrasikan atau memadukan tujuan pendidikan pribadi, spiritual dan material.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga mendefinisikan administrasi pendidikan sebagai semua proses yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan, meliputi pengawasan, perencanaan, koordinasi, pendanaan, pelaporan, dan pemantauan yang berkaitan dengan ruang lingkup pendidikan.

Dasuqi dan Somantri menjelaskan bahwa administrasi pendidikan merupakan upaya untuk menerapkan aturan administrasi yang ada di bidang pendidikan.

Hadari Nawawi menjelaskan bahwa manajemen pendidikan merupakan rangkaian kegiatan kolaboratif untuk mewujudkan pendidikan guna menghasilkan pendidikan yang sistematis.

Good Carter V mendefinisikan administrasi pendidikan sebagai semua teknik dan proses yang digunakan untuk menjalankan suatu lembaga  sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan.

Menurut Knezevich, administrasi pendidikan adalah  proses yang terlibat dalam menciptakan, memelihara, merangsang dan mengintegrasikan energi dalam lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu.

Oteng Sutisna juga menjelaskan bahwa administrasi pendidikan merupakan upaya untuk mengkoordinasikan kegiatan orang dan kelompok yang saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama dalam mengasuh anak.

Nasution menyatakan bahwa manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses dari semua kegiatan kolaboratif di bidang pendidikan, dengan menggunakan semua fasilitas yang tersedia baik secara pribadi, material dan spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan.

Selain itu, administrasi pendidikan  dapat diartikan sebagai proses kerjasama untuk mencapai tujuan pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemantauan dan evaluasi. Manajemen pendidik juga dapat dianggap  terdiri dari bagian-bagian yang saling berinteraksi secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk melihat apakah tujuan  yang ditetapkan telah tercapai.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …