Jelaskan Hierarki Kebutuhan Maslow dan contohnya dalam manajemen perusahaan​

Jelaskan Hierarki Kebutuhan Maslow dan contohnya dalam manajemen perusahaan​

Jawaban

Hierarki Kebutuhan Maslow merupakan teori yang dicetuskan oleh Abraham Maslow ini memiliki nama Teori Hierarki Kebutuhan Maslow atau lebih akrab disebut dengan Teori Maslow. Teori Maslow banyak menjadi dasar pemikiran di dunia.

Pembahasan

Teori Hierarki Kebutuhan yang dicetuskan oleh Abraham Maslow memberikan pengaruh yang sangat besar pada kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow merupakan salah satu teori psikologi yang berguna untuk menyebabkan munculnya motivasi pada diri seseorang dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Teori Hierarki Kebutuhan Maslow diperkenalkan pada tahun 1943 melalui “A Theory of Human Motivation”. Abraham Maslow memberikan pendapat bahwa seseorang sebelum memenuhi kebutuhan tingkat atas harus memenuhi kebutuhan tingkat bawah terlebih dahulu, dan hal tersebut dinilai sebagai motivasi untuk seorang individu dalam memenuhi kebutuhannya.

Abraham Maslow membagi kebutuhan dibagi dalam lima tingkatan dengan urutannya masing-masing. Adanya tingkatan kebutuhan tersebut mengharuskan individu memenuhi kebutuhan mereka mulai dari tingkatan terdasar sampai pada tingkatan yang paling tinggi.

Dalam manajemen perusahaan Teori kebutuhan Maslow mengemukakan bahwa manusia mempunyai tingkatan kebutuhan hidup untuk dipenuhi. Seumur hidupnya manusia akan berusaha untuk tetap mengatasi kebutuhannya dari yang paling mendasar. Tingkatan kebutuhan dalam teori Maslow membedakan seseorang dapat dilihat dari kesejahteraan hidupnya. Tingkatan pada teori Maslow ini dikenal sebagai kebutuhan dengan skema piramida. Kebutuhan pada teori Maslow disusun dari yang paling mendasar atau mendesak. Kemudian dilanjutkan dengan kebutuhan dasar lainnya dan seterusnya. Kebutuhan dasar lanjutan yang diutarakan dalam teori Maslow tidak dapat terpenuhi apabila kebutuhan dasar sebelumnya terpenuhi. Setiap manusia pasti merasakan tingkatan kebutuhan tersebut dan harus berusaha keras dalam memenuhinya. Meski demikian hanya sedikit yang mencapai puncak dari tingkatan kebutuhan menurutt Abraham Maslow

tingkatan itu berupa:

  1. Fisiologi/fisik
  2. Rasa aman

Check Also

1. Latar Belakang 2. Perumusan Masalah 3. Simpulan 4. Tujuan 5. Pembahasan Sistematika yang tepat untuk laporan penelitian

1. Latar Belakang 2. Perumusan Masalah 3. Simpulan 4. Tujuan 5. Pembahasan Sistematika yang tepat …