Sebutkan dan jelaskan 4 proses proses termodanamika gas

Sebutkan dan jelaskan 4 proses proses termodanamika gas

Jawaban

1. Proses Isokhorik

Proses isokhorik merupakan proses perubahan keadaan termodinamika yang terjadi dalam volume kontinu atau tetap.

2. Proses Isobarik

Proses selanjutnya merupakan isobarik. Proses ini merujuk pada perubahan keadaan termodinamika pada tekanan kontinu.

3. Proses Isotermal

Sesuai menggunakan namanya, proses isotermal adalah proses perubahan keadaan termodinamika yang terjadi dalam suhu kontinu atau tetap.

4. Proses Adiabatik

Proses yang terakhir merupakan proses adiabatik. Proses ini merujuk pada perubahan keadaan termodinamika yang berlangsung tanpa disertai perpindahan kalor antara sistem & lingkungannya.

Pembahasan

Penemuan konsep termodinamika di awal menggunakan bisnis para ilmuwan abad ke-19 Masehi buat menciptakan mesin yang mempunyai kemampuan buat mengadakan perubahan tenaga. Tujuan pengubahan tenaga ini awalnya buat memudahkan pekerjaan menggunakan membarui tenaga sebagai bisnis menggunakan akbar perubahan tenaga yang maksimal. Mesin paling awal yang dibentuk sang para ilmuwan bisa membarui tenaga mobilitas sebagai tenaga potensial. Prinsip kerjanya didasarkan dalam insiden tumbukan. Adanya bisnis berdasarkan para ilmuwan ini yang lalu dalam abad ke-20 berhasil menyebarkan teori-teori tentang termodinamika.

Teori termodinamika berlaku dalam keadaan panas atau sistem menggunakan keadaan setimbang dalam ketika dimulai juga diakhiri. Setelah abad ke-19 Masehi, perkembangan teori termodinamika beralih ke ekamatra kuantum & transisi-transisi fasa. Secara fenomenologi, pengembangan teori termodinamika ditujukan bagi sistem-sistem makroskopik. Dalam ekamatra, perumusan termodinamika sebagai suatu aksioma yang mencakup 3 aturan termodinamika. Konsep primer yang melandasi ketiga aturan termodinamika merupakan tenaga & entropi.

Termodinamika sendiri adalah cabang ilmu ekamatra yang menyelidiki mengenai bisnis buat membarui kalor sebagai tenaga. Cabang ilmu ini berkaitan erat menggunakan genre tenaga panas berdasarkan satu benda ke benda lain, proses, & dampak berdasarkan perpindahan tenaga tersebut. Salah satu contoh – berdasarkan cabang ilmu ini, yang bisa kita temukan sehari-hari merupakan kondensasi dalam bagian atas kaca yg dingin.

Termodinamika mempunyai empat aturan yang berkaitan menggunakan kesetimbangan termal, kekekalan tenaga, alur kalor dalam objek, & syarat temperatur nol absolut. Selain itu, pada cabang ilmu ini jua masih ada apa yang diklaim menjadi proses termodinamika. Proses ini merupakan proses yang dialami sang suatu sistem yang melibatkan perubahan tenaga dampak perubahan tekanan, volume, temperatur, atau perpindahan kalor.

Check Also

Teks hikayat adalah

Teks hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa. yakni merupakan karya sastra lama Melayu …