Apabila pelaksanaan APBN tidak sesuai yang dianggarkan, negara bisa mengalami defisit. Salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah defisit adalah?

Apabila pelaksanaan APBN tidak sesuai yang dianggarkan, negara bisa mengalami defisit. Salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah defisit adalah?

Jawaban

Cara dalam mengatasi defisit anggaran adalah dengan mematuhi pajak yang diwajibkan oleh Pemerintah, menerbitkan obligasi sehingga akan memberikan dampak penambahan uang, potongan dari program tertentu. Penyebab defisit ini akan berbahaya bagi Negara dan akan menambah utang Negara, dimana salah satu faktor defisit adalah lemahnya nilai tukar uang.

Pembahasan

Pajak merupakan dua fungsi yang sangat penting bagi Negara, yang pertama pajak merupakan sumber dana dalam melakukan pembangunan baik pemerintah pusat dan juga daerah. Kedua, pajak memiliki fungsi sebagai aturan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dibidang sosial ekonomi. Pajak adalah salah satu sumber dari penerimaan negara yang berasal dari rakyat maupun perusahaan. Hampir seluruh Negara di dunia memungut pajak dari rakyatnya. Adapun fungsi dari pajak salah satunya adalah APBN. Fungsi anggaran yang menjadi langkah ideal dalam pembangunan Negara. Dimana pajak digunakan oleh pemerintah untuk melakukan pendanaan dalam anggaran Negara. Anggaran yang disusun oleh Negara ini disebut dengan APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Ketika APBN yang dianggarkan tidak sesuai, maka Negara akan mengalami defisit yang disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Daya beli masyarakat yang rendah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari
  • Lemahnya nilai tukar mata uang yang mengakibatkan Negara melakukan pinjaman luar negeri
  • Biaya pembangunan Negara
  • Inflasi atau kenaikan harga secara terus menerus

Salah satu cara untuk mengatasii defisit adalah dengan cara menagih pajak kepada masyarakat, melakukan penerbitan obligasi untuk penyerapan uang masyarakat, melakukan pemotongan dari beberapa program tertentu terhadap pajak, devisa dan sektor riil.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …