Jelaskan apa yang dimaksud upaya hukum dan macam-macamnya!

Jelaskan apa yang dimaksud upaya hukum dan macam-macamnya!

Jawaban

Yang dimaksud upaya hukum adalah salah satu upaya yang diberikan oleh undang-undang kepada seseorang dan badan hukum dalam hal tertentu untuk melawan putusan hakim sebagai tempat bagi pihak-pihak yang tidak puas dengan keputusan hakim yang dianggap tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, tidak memenuhi rasa keadilan, yang dikarenakan hakim juga seorang manusia yang dapat melakukan kesalahan atau kekhilafan sehingga salah memutuskan dan memihak salah satu pihak.

Macam-macam upaya hukum adalah

  1. Upaya hukum biasa, yang merupakan suatu upaya hukum yang digunakan dalam putusan yang belum berkekuatan hukum tetap dengan mencakup perlawanan, banding dan kasasi.
  2. Upaya hukum luar biasa, merupakan suatu hal yang dilakukan terhadap putusan yang telah memiliki kekuasaan hukum tetap serta pada asasnya upaya hukum ini tidak menangguhkan eksekusi yang mencakup peninjauan kembali dan perlawanan pihak ketiga terhadap sita eksekutirial.

Pembahasan

Hukum merupakan suatu undang-undang yang dibuat serta ditegakkan melalui lembaga sosial dan pemerintah dalam mengatur perilaku masyarakat. Ada beberapa tujuan dari hukum, antara lain:

  1. Untuk melindungi kepentingan manusia dari bahaya yang mengancam.
  2. Untuk mengatur hubungan dalam sesama manusia agar tercipta ketertiban serta diharapkan dapat mencegah terjadinya konflik di antara manusia.
  3. Untuk mewujudkan kebahagiaan yang sebesar-besarnya dalam semua orang.
  4. Untuk memelihara serta menjamin ketertiban.

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …