Apa yang anda ketahui tentang sejarah batik?

Apa yang anda ketahui tentang sejarah batik?

Jawaban

Batik merupakan salah satu kesenian yang sangat identik dengan Indonesia. Batik telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang sampai kerajaan berikutnya beserta dengan raja-rajanya. Batik dikenal secara khusus di pulau Jawa setelah akhir abad ke -18 atau awal abad ke-19. Pada awalnya batik hanya dibuat oleh kalangan keraton dan dikenakan khusus oleh raja dan keluarganya serta para pengikutnya saja. Oleh para pengikutnya inilah batik dibawa keluar keraton, lalu di situlah awal mula batik berkembang di masyarakat secara umum dan hingga saat ini.

Pembahasan

Batik merupakan kesenian khas indonesia. Batik sendiri merupakan salah satu karya seni  rupa terapan. Batik diterapkan di atas sebuah kain. Kain batik memiliki motif, corak, warna, dan makna yang terkandung didalamnya. Terdapat beragam corak batik di seluruh nusantara. Setiap daerah memiliki motif batik khas. Batik pertama kali digunakan oleh kalangan kerajaan dan kesultanan saja. Batik populer secara khusus pada akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19 di pulau Jawa.

Check Also

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba Sebutkan pemberontakan yang berasal dari dalam!

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba …