Dalam perlombaan lari estafet, apabila pelari ke-3 membawa tongkat menggunakan tangan kanan maka

Dalam perlombaan lari estafet, apabila pelari ke-3 membawa tongkat menggunakan tangan kanan maka

Jawaban

Dalam dunia olahraga, terdapat banyak jenis perlombaan olahraga yang menyenangkan, salah satunya yakni perlombaan Lari estafet yang merupakan salah satu jenis lomba lari yang dimainkan secara berkelompok. Dalam perlombaan lari estafet, biasanya terdiri dari 4 orang pelari yang setiap anggota tim akan berlari dengan cara bergantian. Keempat orang pelari tersebut memegang perannya masing-masing sebagai pelari pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Dalam perlombaan estafet memiliki beberapa teknik, salah satunya yakni apabila pelari ke-3 membawa tongkat menggunakan tangan kanan maka pelari ke-4 harus menerimanya dengan tangan kiri.

Pembahasan

Perlombaan lari estafet merupakan salah satu jenis lomba lari dalam cabang olahraga yang dimainkan secara berkelompok. Dalam perlombaan lari estafet, biasanya terdiri dari 4 orang pelari yang setiap anggota tim akan berlari dengan cara bergantian. Keempat orang pelari tersebut memegang perannya masing-masing sebagai pelari pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Adapun teknik dalam permainan lari estafet, meliputi:

  • Teknik start, sama halnya dengan perlombaan lari pada umumnya, lari estafet juga diawali dengan garis start dan diakhiri dengan garis finish. Adapun teknik yang harus dilakukan di garis start yakni pastikan posisi pelari pertama harus dalam keadaan jongkok, posisi tangan berada di belakang garis start dan tongkat yang dipegang tidak boleh menyentuh garis tersebut. Posisi ini wajib ditaati agar pelari tidak didiskualifikasi.
  • Teknik Memberi Tongkat, yang perlu diperhatikan dalam teknik ini adalah Pelari sebelumnya harus memberikan tongkat pada pelari berikutnya dengan menerima tongkat dengan menggunakan tangan kiri. Selain itu, Ibu jari pelari harus dibuka lebar sedangkan jari lainnya dirapatkan. Tangan penerima tongkat pun harus ada di bawah pinggang. Pelari sebelumnya akan memberikan tongkat dengan tangan kanan dengan posisi agak ke atas.
  • Teknik Menerima Tongkat, terdapat 2 teknik yang dapat dilakukan saat menerima tongkat, yakni:
  1. Secara visual, yaitu penerima tongkat menoleh atau melihat ke belakang. Teknik ini dilakukan pada jarak 4 x 400 meter.
  2. Secara non visual, yaitu penerima tongkat melihat atau menoleh ke belakang. Cara ini bisa dilakukan pada jarak lari 4 x 100 meter.

Check Also

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan Jawaban Berikut contoh 10 kewajiban manusia atas hutan: Wajib …