Jelaskan sejauh mana gerakan civil society di Indonesia!

Jelaskan sejauh mana gerakan civil society di Indonesia!

Jawaban

Gerakan civil society di Indonesia sejauh ini tidak ada satupun definisi civil society yang baku. Dikarenakan istilah civil society sangat jarang digunakan secara serampangan dalam pemahamannya sendiri-sendiri ketika berbicara tentang topik tersebut. Dengan demikian, civil society dapat diartikan sebagai masyarakat sipil yang dalam sebagian besar literatur Indonesia menyamakannya dengan masyarakat non-militer dan masyarakat warga yang dalam praktiknya mengambil peran yang berbeda dengan negara.

Pembahasan

Civil society merupakan sebuah konsep dalam bentuk masyarakat yang banyak diperbincangkan dari dulu sampai sekarang ini. Dengan demikian, dalam konsep yang terdengar sedikit utopis akan bercermin dalam masyarakat. Negara Indonesia, sebenarnya konsep serta makna tentang civil society ada berbagai macam versi yang menekankan pada ruang atau space, dimana individu serta kelompok dalam masyarakat dapat saling berinteraksi dengan semangat toleransi. Hal ini dapat dilakukan dalam berpartisipasi pembentukan kebijaksanaan publik di suatu negara. Oleh karena itu, civil society ini juga dapat menekankan makna pada keadaan masyarakat yang rela mengalami pemerintahan yang terbatas, kebebasan, ekonomi pasar serta timbulnya asosiasi masyarakat yang mandiri dimana satu sama lain saling menopang. Dengan demikian, dalam hubungan dengan partisipasi rakyat kedalam wilayah pemerintahan serta demokrasi diinginkan suatu sistem dengan adanya unsur-unsur, antara lain:

  1. Dengan pemahaman yang jelas oleh warga negara tentang berbagai hal yang dapat diketahui.
  2. Dengan adanya wadah tempat warga negara yang mendiskusikan berbagai hal secara cerdas.
  3. Dalam partisipasi yang efektif bagi warga negara dalam proses pengambilan keputusan.
  4. Dengan adanya kontrol akhir terhadap putusan-putusan politik yang harus tetap berada di tangan rakyat.
  5. Dan kekuatan publik yang impersonal yaitu yang senantiasa dibatasi oleh hukum dengan pusat otoritas yang beraneka ragam civil society adalah masyarakat yang sadar akan politik san berpartisipasi dalam kelangsungan politik.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …