Mengapa menstruasi dan ovulasi tidak muncul ketika kehamilan?

Mengapa menstruasi dan ovulasi tidak muncul ketika kehamilan?

Jawaban

Menstruasi merupakan proses meluruhnya dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan.  Sedangkan, ovulasi adalah proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi oleh sperma. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat kita ketahui bahwa fase menstruasi dan ovulasi pada wanita akan terjadi disaat sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma. Nah, itulah mengapa menstruasi dan ovulasi tidak muncul ketika kehamilan dikarenakan sel telur sudah dibuahi oleh sel sperma.

Penjelasan

Untuk lebih memahami soal diatas, terlebih dahulu kita mengenal apa yang dimaksud dengan menstruasi dan ovulasi. Pendarahan menstruasi dimulai menjelang akhir pubertas seorang wanita. Saat itu wanita mulai melepaskan sel telur sebagai bagian dari periode bulanan yang disebut dengan siklus reproduksi wanita atau siklus menstruasi. Nah, dapat dikatakan bahwa siklus menstruasi yang terjadi pada wanita merupakan rangkaian perubahan yang terjadi secara alamiah dan berulang yang terjadi pada sistem reproduksi yaitu di indung telur (ovarium) dan rahim (uterus) yang memungkinkan terjadinya hamil.

Secara singkat, menstruasi merupakan proses meluruhnya dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan.  Sedangkan, ovulasi adalah proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi oleh sperma. Berikut ini, fase-fase yang terjadi saat siklus menstruasi, yaitu:

  1. Fase menstruasi merupakan pelepasan lapisan dinding rahim dan sel telur yang meluruh menjadi darah menstruasi
  2. Fase praovulasi dan ovulasi. Pada fase praovulasi, dinding rahim yang meluruh akan menebal kembali dan fase ovulasi merupakan masa subur sel telur yang siap dibuahi dan bergerak menuju rahim
  3. Fase pramenstruasi yaitu fase yang menyebabkan dinding rahim semakin menebal, dan jika tidak terjadi pembuahan, maka akan meluruh kembali menjadi menstruasi.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa fase menstruasi dan ovulasi pada wanita akan terjadi disaat sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma. Nah, itulah mengapa menstruasi dan ovulasi tidak muncul ketika kehamilan dikarenakan sel telur sudah dibuahi oleh sel sperma.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …