Masalah Gizi apa yang disebabkan oleh faktor primer!

Masalah Gizi apa yang disebabkan oleh faktor primer!

Jawaban

Masalah gizi yang disebabkan oleh faktor primer adalah kurangnya kualitas dan kuantitas susunan makanan seseorang.

Pembahasan

Masalah gizi merupakan masalah kesehatan masyarakat. Secara umum masalah gizi disebabkan oleh banyak faktor. Berdasarkan konsep kerangka makro UNICEF tahun 1988, masalah gizi terjadi karena dua hal, yaitu:

1. Penyebab langsung: makanan dan penyakit.

2. Penyebab tidak langsung: ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai, pola pengasuhan anak kurang memadai, dan pelayanan kesehatan dan lingkungan yang kurang memadai. Tiga penyebab ini berkaitan dengan tingkat pendidikan, pengetahuan dan keterampilan keluarga.

Menurut Almatsier (2003), masalah gizi atau gangguan gizi disebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor primer dan faktor sekunder.

1. Faktor primer yaitu, apabila kurangnya kualitas dan kuantitas susunan makanan seseorang. Kekurangan tersebut disebabkan oleh kurangnya penyediaan pangan, kurang baiknya distribusi pangan, kemiskinan, ketidaktahuan, kebiasaan makan yang salah, dan sebagainya.

2. Faktor sekunder yaitu, mencangkup semua faktor yang menyebabkan zat gizi tidak sampai ke sel-sel tubuh setelah makanan dikonsumsi. Faktor-faktor tersebut di antaranya:

  • Faktor yang menyebabkan terganggunya pencernaan seperti gigi geligi yang tidak baik, kelainan struktur saluran pencernaan dan kekurangan enzim.
  • Faktor yang mengganggu absorbsi zat gizi seperti adanya parasit, penggunaan laksan (obat cuci perut), dan sebagainya.
  • Faktor yang mempengaruhi ekskresi sehingga menyebabkan banyak kehilangan zat gizi adalah banyak kencing (polyuria), banyak keringat dan penggunaan obat-obatan.

Check Also

Teks hikayat adalah

Teks hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa. yakni merupakan karya sastra lama Melayu …