Upaya penyelamatan yang dapat dilakukan Bank saat terjadi indikasi kredit macet adalah

Upaya penyelamatan yang dapat dilakukan Bank saat terjadi indikasi kredit macet adalah

Jawaban

Upaya penyelamatan kredit macet di Bank adalah pemegang kartu utama setidaknya berusia 21 tahun dan tambahan kartu 17 tahun, pemegang kartu minimal memiliki penghasilan 3.000.000 perbulan, maksimal pengajuan kredit adalah 3 kali lipat, melakukan pembatasan terhadap nasabah yang memiliki penghasilan kurang dari 10.000.000/bulan, melakukan analisis sepenuhnya.

Pembahasan

Kredit merupakan solusi yang akhir-akhir digunakan orang untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan kredit macet adalah sebuah situasi dimana sebuah debitur tidak bisa membayar cicilan hutang atau kredit. Dimana masalah ini timbul ketika sudah jatuh tempo debitur tidak memiliki dana untuk menutupinya, sehingga timbullah kredit macet. Sebelum memberikan kartu kredit, pengguna harus mengikuti aturan yang dikeluarkan dari Bank sebagai berikut:

  • Pemegang kartu harus berusia 21 tahun dan pemegang kartu tambahan harus berusia 17 tahun
  • Pemegang kartu minimal harus memiliki penghasilan sebesar 3.000.000 per bulan untuk menjamin kredit macet tersebut
  • Maksimal pengajuan kredit adalah tiga kali lipat dari penghasilan perbulan yang didapatkan oleh debitur
  • Melakukan pembatasan plafon kredit terhadap nasabah yang memiliki penghasilan kurang dari 10.000.000/bulan
  • Melakukan analisis kredit sepenuhnya yang dilakukan oleh pihak bank tersebut

Adapun faktor-faktor penyebab kredit macet adalah sebagai berikut :

  • Kurangnya perencanaan keuangan oleh debitur
  • Kreditur yang melakukan pinjaman terlalu besar

Dampaknya akan mengakibatkan debitur akan kekurangan dana, debitur bisa diblacklist, ancaman terhadap ekonomi negara yang bisa merosot. Sedangkan upaya yang dilakukan Bank ketika sudah terjadi kredit macet adalah dengan melakukan penataan kembali, persyaratan kembali, dan melakukan penjadwalan kembali.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …