Salah satu faktor eksternal yang mendorong lahirnya nasionalisme di Indonesia adalah

Salah satu faktor eksternal yang mendorong lahirnya nasionalisme di Indonesia adalah

Jawaban

Faktor eksternal yang mendorong lahirnya nasionalisme di Indonesia adalah munculnya paham-paham baru di Eropa. Dengan hal ini dipengaruhi oleh lahirnya golongan terpelajar yang memperoleh pengalaman pergaulan internasional dan mendapatkan pemahaman tentang ide-ide serta paham-paham baru dalam kehidupan bernegara yang lahir di Eropa misalnya demokrasi, liberalisme, serta komunisme melalui pendidikan.

Pembahasan

Nasionalisme merupakan suatu prinsip, ideologi, kepercayaan, dan pegangan yang menjadi asas bagi konsep paham kebangsaan yang dianut oleh seseorang bahkan sesuatu golongan. Ada beberapa jenis nasionalisme, antara lain:

  1. Nasionalisme revolusioner, yang ditandai dengan elit politik yang berkeinginan dalam melakukan demokratisasi dalam lembaga perwakilan yang ada tidak memadai dalam mengimbanginya.
  2. Nasionalisme kontra revolusioner, dengan sebuah negara yang bernasionalisme kontra revolusioner dengan elit politik menganggap diri selalu benar sehingga dapat menyerang pihak yang dianggap sebagai musuh serta melawan kepentingan melalui lembaga perwakilan yang ada.
  3. Nasionalisme sipil, yang merujuk pada perkembangan di wilayah Britania Raya dan Amerika Serikat yang dikatakan memiliki nasionalisme sipil yang memiliki lembaga perwakilan yang kuat serta para elit politiknya yang memiliki kelenturan dalam berdemokrasi.
  4. Nasionalisme suku, agama, ras serta antar golongan atau SARA, merupakan ciri – ciri yang terlihat dari para elit politik yang tidak menganut paham demokrasi serta mengekspresikan kepentingan hanya dalam membela satu kelompok tertentu lewat lembaga perwakilan yang ada.

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …