Laporan disusun dapat digunakan sebagai acuan langkah ke depan agar perusahaan lebih maju lagi. Hal itu merupakan fungsi laporan usaha?

Laporan disusun dapat digunakan sebagai acuan langkah ke depan agar perusahaan lebih maju lagi. Hal itu merupakan fungsi laporan usaha?

Jawaban

Berikut merupakan fungsi dari laporan usaha, yaitu:

  1. Sebagai dasar keputusan kebijakan
  2. Sebagai bahan untuk menyusun rencana kegiatan selanjutnya
  3. Dapat memahami perkembangan dan proses dari Peningkatan Kegiatan
  4. Menjadi sumber informasi

Pembahasan

Secara garis besar, laporan kegiatan usaha adalah laporan yang berisi seluruh kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh sebuah usaha. Biasanya, laporan ini disusun secara rutin. Ada pelaku usaha yang menyusun laporannya setiap satu bulan sekali, tapi ada juga yang menyusunnya tiap dua minggu sekali. Intinya, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Dengan membuat laporan kegiatan bisnis secara berkala, Anda bisa lebih mudah memantau perkembangan usaha. Dalam jangka panjang, laporan ini bahkan bisa digunakan untuk mengambil keputusan yang terkait dengan perkembangan usaha Anda.

Laporan ini sendiri dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha kepada pemberi modal atau stakeholders. Misalnya, usaha Anda disokong oleh investor bernama Tuan A, maka laporan kegiatan bisnis bisa diberikan secara berkala kepada Tuan A. Dengan begitu, Tuan A bisa tahu bagaimana modal usaha yang ia beri digunakan dalam usaha Anda.

Laporan kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat. Dengan membuatnya secara teratur, Anda bisa lebih mudah mengamati perkembangan perusahaan. Bukan cuma itu, Anda juga lebih mudah mengetahui bagian mana saja yang untung dan bagian mana saja yang berpotensi menimbulkan kerugian.

Pada laporan kegiatan usaha, hal yang akan diperlukan untuk penganalisisan dalam melakukan pelaksanaan kegiatan usaha adalah yaitu dalam hal ini adalah sebagai berikut:

  • Bidang kegiatan usaha.
  • Perhitungan Rugi/laba.
  • Bidang Keuangan.
  • Bidang Permodalan.
  • Bidang Adminsitrasi dan Pembukuan.
  • Bidang Ketenagakerjaan.
  • Bidang Pemasaran.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …