Sebutkan jenis-jenis ancaman terhadap basis data dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebutkan jenis-jenis ancaman terhadap basis data dan bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban

Jenis-jenis ancaman terhadap basis data adalah

  1. Pemindahan data yang tidak sah.
  2. Kebocoran data dan penghapusan data.
  3. Orang dalam yang berniat jahat.
  4. Penyusupan akun.

Cara mengatasinya adalah

  1. Dengan melakukan penetration testing.
  2. Dengan membuat code testing.
  3. Privileges pada saat production sebaiknya dikurangi pada saat proses production tools dalam penetration testing sql injection yaitu sqimap.

Pembahasan

Ancaman artinya orang yang berusaha memperoleh akses-akses ilegal terhadap jaringan komputer yang dimiliki seolah-olahan dengan memiliki otoritas terhadap akses ke jaringan komputer. Ada beberapa aspek terhadap keamanan data dalam internet, antara lain:

  1. Interruption, merupakan salah satu ancaman terhadap availability yakni data serta informasi yang berada dalam sistem komputer dirusak dan dibuang sehingga menjadi tidak ada dan tidak berguna, misalnya hardisk yang dirusak, memotong line komunikasi dan lain sebagainya.
  2. Interception, merupakan suatu ancaman terhadap secrey, adalah suatu orang yang tidak berhak berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer. Misalnya dengan menyadap data melalui jaringan public dan menyalin secara tidak sah file atau program.
  3. Modification, merupakan salah satu ancaman terhadap integrasi yakni orang yang tidak berhak tidak hanya berhasil yang mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, dan melainkan juga dapat melakukan perubahan terhadap informasi. Misalnya dengan merubah program atau data keuangan dan lain sebagainya.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …