Apabila populasi cukup besar, maka pengambilan sampel dilakukan dengan sistem pengelompokan di mana sampel penelitian diambil dari setiap kelompok. Teknik tersebut dinamakan sampling?

Apabila populasi cukup besar, maka pengambilan sampel dilakukan dengan sistem pengelompokan di mana sampel penelitian diambil dari setiap kelompok. Teknik tersebut dinamakan sampling?

Jawaban

Pada saat penelitian ketika melakukan observasi membutuhkan sampel, yang diperoleh dari adanya proses pengambilan sampel, proses ini dapat dilakukan melalui tahapan pengelompokan-pengelompokan daru setiap kelompok sampel yang diambil untuk itu teknik sampel tersebut dinamakan teknik sampel rumpun atau cluster sampling.

Pembahasan

Penelitian merupakan proses menelaah melakukan aktivitas pengamatan, analisis dan pendataan secara mendalam terkait masalah yang dihadapi pada beberapa objek penelitian yang telaah pada dasarnya penelitian membutuhkan sampel untuk itu ketika melakukan pengambilan sampel membutuhkan teknik-teknik tertentu. Adapun pemahaman dari teknik pengambilan sampel rumpun yaitu suatu teknik cluster sampling atau teknik rumpun pengambilan sampel ini dimaknai dengan pengambilan sistem kelompok atau daerah dari populasi yang ada misalnya dalam suatu populasi di sekolahnya penelitian ingin meneliti pengaruh model brain based learning berbantuan smart card terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematis di kelas VIII MTsN 2 Medan. melalui penelitian ini terdapat 20 kelas VIII di MTsN 2 Medan dengan jumlah tiap siswa satu kelas sebanyak 60 siswa perkelasnya untuk itu peneliti melakukan pengambilan sistem daerah atau kelompok dari kelas VIII-2 dari 20 kelas VIII lainnya.

About admin

Check Also

Mengapa Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian?

Mengapa Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian? Jawaban Alasan mengapa Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian adalah kekhawatiran beliau jika dikemudian hari kedua …