Dalam kehidupan budaya, Samudra Pasai banyak mendapat pengaruh budaya Gujarat. Hal ini terbukti dari?

Dalam kehidupan budaya, Samudra Pasai banyak mendapat pengaruh budaya Gujarat. Hal ini terbukti dari?

Jawaban

Samudra Pasai banyak mendapat pengaruh budaya Gujarat yang terbukti dari masuknya pedagang ke Indonesia yang berasal dari Gujarat India Barat yang membawa ajaran Islam.

Pembahasan

Sebelum masuknya agama ke Nusantara, Indonesia menganut kepercayaan dinamisme dan animisme yang bisa dikatakan belum percaya dengan adanya Tuhan. Selanjutnya, Nusantara mulai dimasuki oleh ajaran agama dan kebudayaan Hindu Budha yang berasal dari penduduk India. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa ajaran agama Hindu Budha berasal dari Masyarakat lokal yang pergi ke India dan kembali lagi ke Nusantara. Seiring berjalannya waktu, agama dan kebudayaan yang masuk ke Indonesia pun terus bertambah, termasuk agama Islam yang masuk ke Nusantara melalui para pedagang. Karena banyak pedagang yang masuk ke Indonesia disebabkan lokasi wilayah Indonesia yang strategis. Salah satu teori yang dikenal sebagai penyebar agama Islam adalah Teori Gujarat. Teori ini mengatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia melalui pedagang yang berasal dari Gujarat salah satu wilayah yang letaknya berada di bagian barat India. Dimana Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Gujarat yang sudah asli memeluk agama Islam. Dimana masuknya Gujarat ke Indonesia dengan membawa agama dan kebudayaan Islam pada abad ke-13 masehi. Hal ini terbukti dari pesatnya agama Islam saat ini di nusantara.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak