Kondisi persaingan Industri dan militer antara Jerman dan Inggris sebenarnya juga didukung oleh masing-masing daerah koloni/jajahan di luar Eropa, sebagai salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas di dunia, Inggris menitikberatkan pembangunan pertahanan angkatan lautnya, hal ini menurut Inggris sangat logis karena?

Kondisi persaingan Industri dan militer antara Jerman dan Inggris sebenarnya juga didukung oleh masing-masing daerah koloni/jajahan di luar Eropa, sebagai salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas di dunia, Inggris menitikberatkan pembangunan pertahanan angkatan lautnya, hal ini menurut Inggris sangat logis karena?

Jawaban

Persaingan Industri dan militer antara negara Jerman dan Inggris sebenarnya didukung oleh masing-masing daerah koloni atau jajahan mereka di luar Eropa. Inggris sebagai salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas di dunia menitikberatkan pembangunan pada pertahanan angkatan lautnya. Menurut Inggris hal ini sangat logis, karena Inggris adalah negara kepulauan yang bergantung pada kekuatan angkatan laut, untuk menjaga dan mengontrol kawasannya (koloninya) yang ada di seberang lautan.

Pembahasan

Pada tahun 1914-1918 terjadi Perang Dunia I yang berawal dari pertikaian antara dua aliansi negara-negara yang ada di Eropa, yaitu Triple Alliance (Jerman, Austria-Hongaria, Italia keluar kemudian diganti dengan Turki Ustmani) dengan Triple Entente (Prancis, Rusia, Inggris, Amerika Serikat yang bergabung pada tahun 1917). Secara umum penyebab terjadinya Perang Dunia I, adalah:

1. Persaingan industri dan kekuatan militer antara negara Jerman dan Inggris.

Setelah masa kepemimpinan Otto Von Bismarck, Jerman melakukan politik ekspansi untuk memperkuat negaranya. Jerman merasa terancam dengan kekuatan militer negara Eropa lain seperti Inggris, karena pada saat itu Inggris telah menguasai seperempat dunia dan semakin kuat angkatan lautnya. Jerman memproduksi banyak alat-alat persenjataan dan militernya serta menaikkan anggaran untuk militer hingga 73%.

Melihat kondisi dari Jerman yang memperkuat militernya, Inggris sebagai salah satu dari negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas di dunia juga semakin memperkuat militernya. Inggris menitikberatkan pembangunan pada pertahanan angkatan lautnya. Hal ini sangat logis, karena Inggris adalah negara kepulauan yang bergantung pada kekuatan angkatan laut, untuk menjaga dan mengontrol kawasannya (koloninya) yang ada di seberang lautan.

2. Politik aliansi antar negara-negara di Eropa

Aliansi-aliansi yang muncul di Eropa yaitu Triple Alliance dan Triple Entente membuat kondisi semakin memanas, karena tiap aliansi berupaya untuk menjadi yang paling kuat. Pada Perang Dunia I disebut dengan perang Blok Central (Jerman, Austria-Hongaria, Turki) dan Blok Sekutu (Inggris, Prancis, Rusia, Amerika Serikat).

3. Etnosentrisme yang berlebihan

Etnosentrisme muncul pada abad XX dari pihak Jerman dan orang-orang Slavia. Orang-orang Slavia tinggal di Rusia, Ukraina dan Semenanjung Balkan. Jerman ingin menyatukan seluruh wilayah yang berbahasa Jerman dalam satu kekaisaran, sedangkan orang-orang Slavia ingin agar seluruh wilayah khususnya Slavia Selatan bergabung menjadi satu negara . Menjelang Perang Dunia I adanya penembakan Putra Mahkota Austria-Hongaria yang saat itu berada di Sarajevo, Ibukota Bosnia. Hal ini yang kemudian menyulut terjadinya Perang Dunia I.

Check Also

Pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dari belakang lapangan diarahkan sedekat mungkin dengan net dalam permainan bulu tangkis dinamakan?

Pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dari belakang lapangan diarahkan sedekat mungkin dengan net …