Apa yang dimaksud dengan stereotipe, berikan contohnya!

Apa yang dimaksud dengan stereotipe, berikan contohnya!

Jawaban

Pemahaman tentang stereotipe dapat diartikan sebagai bentuk prasangka yang dilakukan oleh orang lain dari sudut pandang yang non fakta bisa dari jenis kelamin, ras dan lainnya contoh prilaku atau sikap stereotipe adalah kebanyakan orang beranggapan bahwa suku Batak terkenal dengan sikap kasarnya walaupun bukan semua orang Batak kasar dalam berkata atau bertingkah laku.

Pembahasan

Pada dasarnya konsep stereotipe lahir dari anggapan atau prasangka yang muncul dari kebiasaan atau hal-hal yang terlihat secara umum dalam ruang lingkup sosial bisa dari kebiasaan kelompok atau bisa dari sejarah dan turun temurun yang sudah ditetapkan dikalangan masyarakat misalnya:

  1. Laki-laki dilingkungan suku Batak lebih dianggap kuat dan memiliki segalanya dikarenakan sebagai penerus marga dari suku tersebut
  2. Suku Sunda dikenal dengan sikap lemah lembutnya dalam berkata dan beraktivitas.
  3. Orang Jawa dan Padang dianggap sebagai suku yang paling rajin dalam bekerja hal ini terbukti dari kegigihan yang mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas ekonominya baik dalam bisnis ataupun dalam hal lainnya kebiasaan mereka terbukti ketika mereka menikah dengan gadis atau dari pria yang berbeda suku dengan mereka kebiasaan rajin dan gigih tetap dipertahankan.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak