Sebutkan dan jelaskan aliran seni rupa pramodern!

Sebutkan dan jelaskan aliran seni rupa pramodern!

Jawaban

Seni rupa pramodern ialah babakan sejarah pada seni rupa sebelum zaman industri. Dicermati dari arti kata pramodern yang berarti sebelum maju atau modern maka seni rupa pramodern berarti seni rupa sebelum jaman modern. Seni rupa terus mengalami perkembangan sinkron dengan perkembangan kebudayaan manusia, dan bisa kita lihat baik dari aspek kesejarahan, aspek konseptual, juga aspek kebentukan. Seni rupa pramodern dapat dikelompokkan sebagai primitivisme, naturalisme, realisme, dan dekorativisme.

Pembahasan

  • Primitivisme

Primitivisme artinya corak karya seni rupa yang mempunyai sifat bersahaja, naif, sederhana, spontan, jujur, baik asal segi penggarapan bentuk juga pewarnaan. Senimannya bebas asal belenggu profesionalisme, tradisi, teknik, dan latihan formal proses ciptaan seni. sirkulasi primitivisme cenderung berlandaskan di sebuah objektivitas yang diinginkan. Aliran primitivisme diantaranya: mendeskripsikan sebuah subjek menggunakan bagian yang sangat datar serta cenderung sangat sederhana, selain itu juga terikat dengan kehidupan insan zaman dahulu yang cenderung primitiv.

  • Naturalisme

Naturalisme artinya corak karya seni rupa yang teknik pelukisannya berpedoman pada peniruan alam buat menghasilkan karya seni. Peredaran naturalisme mencoba memvisualisasikan sebuah keadaan alam ke atas sebuah kanvas. sebagai akibatnya seniman terikat sekali di aturan proporsi, anatomi, perspektif, serta teknik pewarnaan untuk mencapai kemiripan sinkron menggunakan perwujudan objek yang dicerap mata. Tokoh-tokohnya antara lain Abdullah SR, Wakidi, Pirngadi, Basoeki Abdullah, Trubus, Dullah, Rustamadji, Wahdi, dan lain-lain.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak