Jelaskan latar belakang munculnya pembaruan Islam!

Jelaskan latar belakang munculnya pembaruan Islam!

Jawaban

Latar belakang pembaharuan dalam islam adalah lahirnya pemikiran modernisasi dalam islam dilatarbelakangi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya gerakan kebangkitan dan modernisasi Islam adalah:

  • Memiliki sifat stagnan yang  membuat umat Islam berhenti berpikir dan berusaha.
  • Persatuan  umat Islam mulai terpecah.
  • Hasil  kontak  antara dunia Islam dan Barat.
  • Pembaruan Islam berbeda dengan Renaisans Dunia Barat.

Pembahasan

Latar belakang munculnya gerakan tajdid adalah berawal dari faktor internal umat Islam yang dirusak oleh Syirik dan bid’ah saat itu. Gerakan tersebut berkembang pesat di Arab Saudi setelah dipelopori oleh Muhammad bin Abdul Wahab dan didukung oleh Muhammad bin Saud, pendiri negara Arab Saudi pertama.

Gerakan kebangkitan Islam merupakan upaya untuk menyesuaikan (mengkontekstualisasikan) ajaran Islam dengan perkembangan baru yang dibawa oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dalam bahasa Arab, gerakan pembaruan disebut Tajdid. Tajdid secara harfiah  berarti pembaruan, dan pelakunya disebut Mujaddid. Gerakan Pembaruan Islam, yang oleh sebagian ahli disebut Gerakan Modernisasi atau Gerakan Reformasi Islam, adalah gerakan  untuk menyesuaikan ajaran Islam dengan tatanan dunia baru yang dibawa oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dengan pembaruan ini, para pemimpin Islam berharap agar umat Islam tidak ketinggalan dan bahkan membuat kemajuan yang sama seperti dunia lainnya.

Check Also

Bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari sistem teknologi saat ini

Dampak positif dari sistem teknologi saat ini adalah:   Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. …