Jelaskan 5 bentuk kritik seni dalam seni rupa?

Jelaskan 5 bentuk kritik seni dalam seni rupa?

Jawaban

Bentuk-bentuk kritik seni dalam seni rupa dibedakan menjadi 5, yaitu:

  1. Kritik populer. Kritik populer adalah suatu bentuk kritik yang ditujukan kepada masyarakat umum. Kritik-kritik ini umumnya kurang spesifik, dan sebaliknya bertujuan untuk memberikan pandangan umum tentang karya tersebut.
  2. Kritik jurnalis adalah jenis kritik seni di mana pendapat jurnalis disampaikan secara terbuka kepada publik.
  3. Kritik keilmuan adalah proses di mana para ilmuwan memeriksa bukti ilmiah dan menentukan apakah klaim ilmiah yang dibuat itu valid atau tidak. Kritik ilmiah pada hakikatnya adalah jenis kritik akademis yang berwawasan pengetahuan, kemampuan, dan kepekaan untuk menilai/merespon suatu karya seni.
  4. Kritik kependidikan. Kegiatan kritik yang berfungsi untuk  meningkatkan kepekaan artistik serta estetika subjek belajar seni.
  5. Kritik Formalistik. Kajian kritik terutama ditujukan kepada karya seni sebagai konfigurasi aspek-aspek formalnya atau yang berkaitan dengan unsur-unsur pembentuknya.

Pembahasan

Kritik seni dalam seni rupa adalah penjelasan secara analisa dan pengkajian yang digunakan untuk memberikan kritik dalam suatu seni rupa berupa penjelasan kelebihan dan kekurangan dalam seni tersebut. Kelebihan dan kekurangan itu digunakan pada bermacam hal, terutama menjadi bahan untuk dapat mengetahui kualitas sebuah karya. Kualitas disini juga bukan hanya berarti kebaikan atau keburukan suatu hal. Kualitas bermakna lebih luas menjadi “ wujud atau bentuk sebenarnya ”. Para pakar biasanya beranggapan bahwa kritik dimulai menurut kebutuhan untuk tahu waktu mengapresiasi, lalu bergerak dalam kebutuhan analisa lebih lanjut bahkan menerima kesenangan menurut aktivitas tentang hal- hal yang berkaitan dengan karya seni tersebut.

Seiring dengan perkembangan pemikiran seni dan kebutuhan publik terhadap global seni, aktivitas kritik lalu berkembang dan mengisi banyak sekali fungsi sosial lainnya. Kritik seni merespons, menafsirkan makna, dan menciptakan evaluasi kritis mengenai karya seni tertentu. Kritik seni membantu pengamat seni tahu, menafsirkan, dan menilai karya seni. Biasanya kritikus cenderung lebih melakukan penekanan dalam seni ultramodern dan pada masa ini menurut budaya yang dekat menggunakan budaya mereka sendiri. Sementara itu, sejarawan seni cenderung menilik karya yang dibentuk pada budaya yg lebih jauh pada ruang dan waktu.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …