Secara geografis Indonesia terletak di antara dua posisi silang, yaitu di antara?

Secara geografis Indonesia terletak di antara dua posisi silang, yaitu di antara?

Jawaban

Secara geografis, wilayah Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra, yakni benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Hindia. Oleh karena itu, Indonesia disebut terletak di antara dua posisi silang karena sangat berpengaruh pada iklim dan perekonomian di Indonesia.

Pembahasan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Letak geografis Indonesia terdiri dari letak astronomis dan letak geografis.

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada letaknya di permukaan bumi. Indonesia secara geografis terletak diantara dua benua dan dua samudra. Samudra Hindia terletak di bagian selatan dan barat Indonesia. Samudra Pasifik berbatasan dengan wilayah bagian timur laut Indonesia. Benua Asia berada berbatasan dengan wilayah Indonesia di sebelah utara. Sedangkan benua Australia berbatasan di bagian timur dan selatan Indonesia.

Letak Indonesia yang diapit dua samudra besar membawa beberapa pengaruh baik bagi negara ini. Indonesia menjadi jalur lalu lintas dunia, seperti perdagangan dan perekonomian internasional. Letak Indonesia yang diapit oleh dua benua menyebabkan Indonesia menjadi negara agraris terkemuka karena angin musim secara alami dari Asia-Australia dan sebaliknya melewati Indonesia. Hal ini menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau dan musim hujan. Inilah arti dari dua posisi silang.

Check Also

Yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika adalah

Yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika adalah Jawaban …