Sebutkan batas-batas geografis wilayah Indonesia!

Sebutkan batas-batas geografis wilayah Indonesia!

Jawaban

Wilayah Indonesia secara geografis dibatasi oleh dua samudra dan dua benua. Kedua benua tersebut adalah benua Asia dan benua Australia. Sedangkan dua samudra tersebut adalah samudra Hindia dan samudra Pasifik. Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan dalam dunia perdagangan internasional.

Pembahasan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Letak negara Indonesia di bumi ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu letak secara astronomis, letak secara geografis, serta batas batas Indonesia dengan negara di sekitarnya.

Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Garis lintang ialah garis yang melingkari bumi secara horizontal. Sedangkan garis bujur ialah garis yang melingkari bumi secara vertikal melalui kutub utara dan kutub selatan.

Letak astronomis Indonesia adalah 6 derajat Lintang Utara (LU) – 11 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95 derajat Bujur Timur (BT) – 144 derajat Bujur Timur (BT). Dengan letak astronomis ini, Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa.

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada letaknya di permukaan bumi. Indonesia secara geografis terletak diantara dua benua dan dua samudra.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …