Apa arti deskripsi?

Apa arti deskripsi?

Jawaban

Deskripsi merupakan menguraikan, menjelaskan, dan menggambarkan suatu objek secara konkret dan terperinci. Dalam materi sekolah, pengertian deskripsi yang paling jelas dapat ditelaah melalui teks deskripsi.

Pembahasan

Kata deskripsi berasal dari kata describe dalam bahasa Inggris dan describere dalam bahasa Latin yang artinya memaparkan, menguraikan atau melukiskan. Deskripsi merupakan memaparkan, menguraikan, menjelaskan, dan menggambarkan suatu objek secara jelas dan terperinci.

Salah satu makna deskripsi dapat ditemui dalam teks deskripsi. Teks deskripsi merupakan teks yang menyajikan penggambaran dan penjelasan suatu objek dalam bentuk tulisan secara detail dan terperinci. Teks deskripsi ditulis untuk memberi suatu gambaran mengenai suatu objek dengan melibatkan kesan pengindraan agar pembaca seakan akan bisa melihat dan merasakannya langsung. Dengan itu, teks deskripsi dapat ditandai dengan adanya penggambaran yang melibatkan fungsi indra manusia.

Ciri ciri teks deskripsi

  • Menggambarkan dan menjelaskan suatu objek dengan rinci dan konkret disertai dengan pandangan penulis terhadap objek tersebut.
  • Menggambarkan ciri ciri khusus terhadap objek yang dideskripsikan.
  • Menggunakan kata kata yang bersifat khusus.
  • Memuat pandangan pribadi atau personal penulis terhadap objek.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …