Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan yang dilakukan dua pihak atau lebih baik secara perorangan maupun kelompok pernyataan tersebut merupakan pengertian dari?

Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan yang dilakukan dua pihak atau lebih baik secara perorangan maupun kelompok pernyataan tersebut merupakan pengertian dari?

Jawaban

Debat merupakan kegiatan adu argumentasi diantara dua pihak atau lebih baik secara perorangan maupun berkelompok untuk memutuskan masalah dan perbedaan pandangan diantara tiap tiap pihak. Debat merupakan ajang adu argumentasi untuk menentukan argumen siapa yang paling kuat.

Pembahasan

Debat adalah kegiatan mengadu argumentasi dengan cara menyampaikan pendapat dan argumen yang diperkuat dengan fakta, data, dan informasi serta alasan yang logis terhadap suatu topik. Dalam debat, terdapat dua pihak yang akan memperdebatkan dua isu, yakni pihak afirmasi dan pihak oposisi. Pihak afirmasi adalah pihak yang mendukung isu dalam debat. Sedangkan pihak oposisi adalah pihak yang menentang isu dalam debat. Isu dalam debat harus dapat dipertentangkan atau dengan kata lain harus dapat disetujui dan ditolak. Karena dalam debat terdapat pihak yang akan menentang dan pihak yang akan mendukung topik yang disampaikan. Isu yang diperdebatkan disebut dengan mosi atau argumen debat.

Unsur unsur dalam debat

  • Mosi atau argumen, merupakan pernyataan yang menjadi topik atau isu yang akan memiliki dua sisi argumen yang berbeda.
  • Moderator, merupakan pemimpin yang bertugas menyampaikan mosi debat dan memimpin serta mengatur jalannya debat.
  • Pihak pro, merupakan pihak afirmasi yang mendukung mosi debat.
  • Pihak kontra, merupakan pihak oposisi yang menentang dan memiliki argumen berlawanan dengan mosi debat.
  • Pihak netral, merupakan pihak yang tidak memiliki sikap pro maupun kontra terhadap mosi.
  • Sekretaris, merupakan orang yang bertugas mencatat hal hal penting yang ada dalam debat.

Check Also

Yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika adalah

Yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika adalah Jawaban …