Filum annelida diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas berdasarkan

Filum annelida diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas berdasarkan

Jawaban

Filum annelida diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas, yaitu berdasarkan morfolologi rambut yang terbuat dari kitin (seta) pada tubuhnya. Tiga kelas yang tergolong filum annelida adalah Polychaeta, Oligochaeta, dan Hirudinea.

Pembahasan

Filum annelida yang sering disebut dengan cacing bercincin atau cacing bersegmen merupakan satu-satunya kelompok Trokozoa yang bersegmen dan memiliki selom. Selom berisi sebuah cairan yang berfungsi sebagai rangka hidrostatik. Hewan yang termasuk filum annelida adalah cacing tanah, pacet, dan lintah.

Berdasarkan morfolologi rambut yang terbuat dari kitin (seta) pada tubuhnya, filum anelida dibagi ke dalam tiga kelas, yakni sebagai berikut.

  1. Polychaeta : cacing yang per segmennya memiliki jumlah seta banyak, dan setiap segmennya memiliki sepasang tonjolan berdaging yang menopang banyak seta. Contoh : cacing palolo yang hidup di laut.
  2. Oligochaeta : cacing yang per segmennya memiliki jumlah seta sedikit. Contoh : cacing tanah.
  3. Hirudinea : cacing yang tidak bersegmen dan memiliki alat penghisap. Contoh: lintah.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …