Jonjot usus halus berfungsi memperluas bidang penyerapan sari makanan. Berikut yang diserap oleh jonjot usus halus antara lain!

Jonjot usus halus berfungsi memperluas bidang penyerapan sari makanan. Berikut yang diserap oleh jonjot usus halus antara lain!

Jawaban

Jonjot usus halus dapat menyerap zat berupa glukosa, asam amino, gliserol, dan asam lemak. Jonjot usus halus merupakan salah satu bagian sistem pencernaan manusia.

Pembahasan

Usus halus merupakan salah satu bagian sistem pencernaan pada manusia. Usus halus memiliki peranan penting dalam mengolah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, dalam usus halus terjadi proses penyerapan sari-sari makanan.

Usus halus terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Dalam usus halus terdapat banyak lekukan atau lipatan yang disebut sebagai vili (jonjot usus halus). Vili mampu memperluas permukaan penyerapan, sehingga sari makanan dapat menyerap secara sempurna. Sari makanan yang dapat diserap oleh vili adalah glukosa (berasal dari pemecahan karbohidrat), asam amino (berasal dari pemecahan protein), asam lemak dan gliserol (berasal dari pemecahan lemak atau minyak).

Check Also

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan? Jawaban Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis …