Dalam ajaran Hindu, manusia yang tidak diberi hak apa pun dan dipisahkan dari kehidupan masyarakat digolongkan dalam kasta?

Dalam ajaran Hindu, manusia yang tidak diberi hak apa pun dan dipisahkan dari kehidupan masyarakat digolongkan dalam kasta?

Jawaban

Sistem kasta yang kita kenal dalam ajaran Hindu membuat terjadinya pengelompokan masyarakat berdasarkan profesi yang ditekuni, bakat ataupun keahlian yang dikuasai. Dan golongan atau kasta yang tidak diberi hak apapun dan dipisahkan dari kehidupan masyarakat ialah masyarakat dari kasta Sudra

Pembahasan

Jika kita mendengar kata “kasta” maka kita akan memikirkan ajaran Hindu. Ya, jadi kasta adalah sebuah sistem yang erat kaitannya dengan Hinduisme yang dianggap sebagai sesuatu yang berkaitan dengan pemberian Tuhan oleh penganutnya, yang terwariskan atau mengikat atau secara singkat kasta merupakan pembagian tingkatan yang membagi masyarakat kedalam 4 bagian yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Adanya sistem kasta, membuat terjadinya pengelompokan masyarakat berdasarkan profesi yang ditekuni, bakat ataupun keahlian yang dikuasai bahkan sering sekali disalah artikan oleh para penguasa. Padahal tujuan sebenarnya dari sistem kasta yaitu untuk menjaga kemurnian dari ras Arya yang dianggap paling baik dibandingkan ras Dravida.

Untuk menjawab soal diatas, kita akan mendeskripsikan 4 kasta secara jelas, yaitu:

  1. Brahmana merupakan kasta yang berkaitan dengan kependetaan dan yang memiliki kedudukan tertinggi dalam struktur kasta. Jadi, kasta Brahmana sangat dihormati bahkan dijadikan penasehat dalam kerajaan.
  2. Ksatria merupakan merupakan kasta yang merujuk pada orang-orang yang berprofesi sebagai abdi kerajaan atau Negara seperti prajurit dan yang merupakan keturunan raja/ ningrat
  3. Waisya merupakan kasta yang terdiri dari masyarakat yang pada umumnya bekerja sebagai pedagang, wiraswasta, pengrajin dan sebagainya. Oleh karena itu, tugas dari kasta Waisya yaitu menyediakan pembekalan untuk semua golongan yang ada.
  4. Sudra merupakan kasta terendah atau tak mempunyai gelar,  Biasanya kasta Sudra terdiri dari orang-orang yang bekerja sebagai petani atau buruh atau para gelandangan.

Karena adanya sistem kasta dalam agama Hindu, sering sekali terjadi  tingkatan-tingkatan dalam masyarakat yang membedakan derajat seseorang berdasarkan keturunan. Terutama untuk kasta Sudra yang merupakan kasta terendah yang tidak bahkan tidak diberi hal apapun dan sering sekali dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …