Cita-cita mempersatukan nusantara sudah ada sejak zaman Majapahit dengan ikrar yang terkenal dari Patih Gaja Mada yaitu?

Cita-cita mempersatukan nusantara sudah ada sejak zaman Majapahit dengan ikrar yang terkenal dari Patih Gaja Mada yaitu?

Jawaban

Cita-cita mempersatukan nusantara sudah ada sejak zaman Majapahit dengan ikrar yang terkenal dari Patih Gaja Mada yaitu sumpah Palapa. Gajah Mada merupakan Patih dari kerajaan Majapahit yang sangat terkenal  di Nusantara.

Pembahasan

Gajah Mada pada awalnya membaktikan diri sebagai prajurit di kerajaan Majapahit. Karena ia memiliki ketangkasan dan juga kecerdasan, sehingga ia diangkat menjadi komandan pasukan elite bhayangkara. Dimana, pada tahun 1334 Gajah Mada pun resmi dilantik menjadi Mahapatih oleh Ratu Tri Bhuana Tungga Dewi yang berhasil melawan pemberontakan Ra Kuti dan menyelamatkan Prabu Jayanegara. Adapun cita-cita dari Gajah Mada juga tertuang di dalam Sumpah Palapa yang memiliki arti:

  • Selama aku belum menyatukan Nusantara, maka Gajah Mada tidak akan mendapatkan kesenangan. Sebelum aku belum menaklukkan Pulau Gurun, Pulau, Tanjung Seram, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, maka akan tidak akan pernah mencicipi kesenangan

Patih Gajah Mada tidak mundur dan juga tidak gentar untuk membuktikan janji yang ia buat dengan berupaya keras, tegas, berani dan bertanggung jawab. Hingga hasil yang ia peroleh pun setimpal dengan kerja kerasnya, dengan 30 wilayah kekuasaan diluar Majapahit berhasil dikuasai oleh Gajah Mada. Kecintaan nya terhadap Negara dan usaha kerasnya untuk mempersatukan Nusantara sangat menjadi teladan hingga saat ini.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak