Contoh pendekatan personal

Contoh pendekatan personal

Jawaban

Pendekatan personal adalah salah satu metode pembelajaran yang berlandaskan pendekatan personal berupa metode pertemuan kelas guru dengan murid. Pendekatan personal sangat bisa mempengaruhi kesuksesan contohnya adalah pendekatan secara personal ke peserta didik.

Pembahasan  

Dalam proses pendidikan, terdapat berbagai unsur yang dapat mempengaruhi kesuksesan peserta didik. Salah satunya adalah peran pendidik. Pendidik merupakan unsur terpenting yang memiliki pengaruh yang luar biasa bagi peserta didik. Pengaruh kuat yang diberikan pendidik salah satunya melalui personal touch-nya atau pendekatan personal yang ditunjukkan dalam kesehariannya kepada peserta didik.

Pendekatan personal yang dilakukan seorang pendidik akan memberikan kekuatan dan motivasi kepada anak didiknya. Hal ini berlaku di segala jenjang pendidikan mulai jenjang dasar dan menengah hingga jenjang pendidikan tinggi. Pendekatan personal ini merupakan kunci untuk memberikan dan menularkan nilai-nilai positif yang dimiliki seorang pendidik. Untuk itu penting bagi seorang pendidik memiliki sikap, nilai dan perilaku yang sepantas dan selayaknya sebagai pendidik. Hal ini menjadi fokus dan perhatian peserta didik terhadap kekonsistennya antara perilaku yang ditunjukkan dengan apa yang diucapkan dari seorang pendidik.

A. Cara merancang metode pendekatan personal menurut Glasser, yaitu:

  • Tipe pertemuan pemecahan masalah, dalam pertemuan ini peserta didik berusaha mengembangkan tanggung jawab untuk belajar dan berperilaku dengan jalan memecahkan masalahnya di dalam kelas
  • Tipe pertemuan terbuka, peserta didik diberi kebebasan dalam memikirkan dan menjawab pertanyaan dari guru.
  • Tipe pertemuan terarah dan terbuka, yaitu guru mengarahkan interaksi dalam kegiatan belajar mengajar, kepemimpinan guru sebagai penengah, dalam tahapan tertentu guru harus mendorong peserta didik untuk berinisiatif, dn guru secara keseluruhan mengidentifikasikan, memilih dan menaati alternative perilaku.

B. Adapun langkah-langkah penerapan metode pertemuan kelas atau metode pendekatan personal, yaitu:

  • Menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan, iklim yang mengundang keterlibatan siswa adalah iklim yang hangat, bersifat pribadi dan hubungan guru dan peserta didik dan peserta didik dengan peserta didik baik. Adapun juga guru adalah mendorong peserta didik agar berperan serta dalam kegiatan belajar mengajar, dan menyeleksi pendapat peserta didik tanpa disertai dengan celaan dan penilaian.
  • Menyajikan masalah untuk diskusi, antara lain mengajukan masalah, mengemukakan masalah, mendeskripsikan masalah, mengidentifikasi konsekuensi serta mengidentifikasi norma sosial.
  • Mengembangkan pertimbangan nilai pribadi, peserta didik harus melakukan tindakan untuk mengidentifikasi nilai dari masalah perilaku dan norma sosial serta membuat pertimbangan pribadi terhadap norma-norma sosial yang dapat mengarah kepada pemilihan perilaku dan nilai-nilai perilaku yang ditemukan.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …