PBB membentuk “Komisi Tiga Negara” (KTN) untuk menyelesaikan sengketa Indonesia – Belanda yang beranggotakan negara berikut, kecuali?

PBB membentuk “Komisi Tiga Negara” (KTN) untuk menyelesaikan sengketa Indonesia – Belanda yang beranggotakan negara berikut, kecuali?

Jawaban

Anggota dari KTN adalah Australia, Belgia, dan Amerika Serikat. Ketiga negara tersebut berlomba lomba dalam menyelesaikan sengketa Indonesia Belanda.

Pembahasan

KTN atau Komisi Tiga Negara merupakan lembaga yang dibentuk oleh PBB sebagai media untuk menyelesaikan konflik atau sengketa antara Indonesia dengan Belanda pada tanggal 25 Agustus 1947. Lembaga ini dibentuk bertujuan untuk mengikuti perjanjian renvile. Negara anggota KTN sendiri antara lain:

  • Australia yaitu Richard C Kirby sebagai wakil dari Indonesia
  • Belgia yaitu Paul Van Zeeland sebagai wakil dari Belanda,
  • Amerika Serikat yaitu Frank B Graham sebagai penengah diantara keduanya.

Pada tanggal 8 Desember 1947 di kapal USS Renville, KTN melakukan perundingan atau lebih dikenal dengan perundingan Renville. Perundingan Renville ini sendiri dihadiri oleh Amir Syarifudin yang merupakan orang dari Indonesia, R. Abdulkadir Wijoyoatmojo sebagai orang Indonesia yang pro terhadap Belanda, serta Frank B Graham sebagai perwakilan KTN. Kemudian pada tanggal 19 Januari 1948 akhirnya pihak Indonesia dan Belanda menyepakati untuk menandatangani perundingan Renville, yang mana pada akhirnya pada perwujudannya merugikan pihak Indonesia.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …