Potensi ekonomi maritim Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan misalnya​?

Potensi ekonomi maritim Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan misalnya​?

Jawaban

Potensi yang dimiliki oleh Indonesia terbilang cukup banyak, salah satunya dalam bidang maritim. Potensi ekonomi maritim Indonesia yang memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan adalah pembangunan dan pengoperasian pelabuhan.

Pembahasan

Ekonomi maritim adalah kegiatan ekonomi yang meliputi pelayaran laut, pembuatan kapal,  perawatan kapal, pembangunan pelabuhan, dan semua industri dan jasa  terkait. Secara umum, negara kepulauan yang  dikelilingi oleh lautlah yang mengadopsi ekonomi kelautan. Termasuk Indonesia. Sektor-sektor yang ada dalam kerangka ekonomi maritim adalah sektor pelayaran, sektor perikanan, dan sektor pariwisata bahari. Pada dasarnya, ekonomi maritim adalah  kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh negara-negara kepulauan untuk menyeimbangkan pembangunan ekonomi mereka sendiri. Salah satu negara yang menerapkan kebijakan ini adalah Indonesia. Berbagai kebijakan ekonomi maritim yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia merupakan wujud dari upaya keseimbangan pembangunan bangsa dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa.

Di Indonesia sendiri, terdapat 5 pilar utama dalam pembangunan pada sektor industri maritim. Lima pilar tersebut, antara lain:

  1. Membangun kembali budaya maritim yang terdapat pada Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar, lantaran itulah semestinya bangsa Indonesia sanggup menyadari dan pula melihat dirinya menjadi suatu bangsa yang mempunyai bukti diri lebih.
  2. Menjaga dan mengelola sumber daya laut. Menjaga dan mengelola ini terkesan mudah akan tetapi pada pelaksanaannya tidaklah seperti itu. Pemerintah dan juga warga selayaknya sanggup berafiliasi untuk membentuk dan menaikkan pangan kedaulatan laut.
  3. Memberikan prioritas dalam pengembangan infrastruktur dan juga konektivitas maritim. Prioritas pengembangan dalam poin ini sanggup dilaksanakan dengan cara membentuk tol laut, logistik, deep sea port, industri pada bidang perkapalan, hingga ke pariwisata maritim.
  4. Membangun diplomasi maritim. Diplomasi maritim dilaksanakan dengan tujuan supaya sanggup menghilangkan aneka macam asal permasalahan yang berada pada laut.
  5. Kewajiban dalam membentuk kekuatan dan pertahanan maritim. Sebagai negara yang menjadi titik silang antara 2 samudra, Indonesia dirasa mempunyai kewajiban tersebut.

Check Also

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan Jawaban Berikut contoh 10 kewajiban manusia atas hutan: Wajib …