Kemungkinan menyebabkan kita dapat berperilaku curang sebagai seorang karyawan manajemen perusahaan

Kemungkinan menyebabkan kita dapat berperilaku curang sebagai seorang karyawan manajemen perusahaan

Jawaban

Kecurangan yang terdapat dalam manajemen perusahaan dinamakan Fraud. Secara singkat, fraud merupakan tindakan penyimpangan untuk menipu maupun memanipulasi perusahaan. Tindakan ini tentu saja bertujuan untuk menyenangkan salah pribadi maupun kelompok dengan cara yang ilegal. Kemungkinan besar terjadinya fraud karena adanya peluang. Peluang atau kesempatan merupakan faktor utama terjadinya fraud, lalu kontrol perusahaan yang rendah dan adanya tekanan.

Pembahasan

Sebenarnya, ada begitu banyak kecurangan yang terjadi ditempat kerja salah satunya di perusahaan. Kecurangan yang terjadi dapat berasal dari pimpinan maupun karyawan. Setiap manusia terlahir dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda, namun ada akhirnya memiliki dan mencintai sifat tamak  atau curang demi mencapai suatu tujuan dengan mudah.

Kecurangan yang terdapat dalam manajemen perusahaan dinamakan Fraud. Secara singkat, fraud merupakan tindakan penyimpangan untuk menipu maupun memanipulasi perusahaan. Tindakan ini tentu saja bertujuan untuk menyenangkan salah pribadi maupun kelompok dengan cara yang ilegal. Kecurangan yang terjadi sering sekali pada masalah keuangan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, fraud dapat saja terjadi pada pimpinan maupun seorang karyawan.

Lalu, apa kemungkinan terjadinya fraud pada seorang karyawan ? Kemungkinan besar terjadinya fraud karena adanya peluang. Peluang atau kesempatan merupakan faktor utama terjadinya fraud. Peluang yang dimaksudkan seperti:

  • Kontrol dari perusahaan yang masih lemah

Jadi, kontrol perusahaan yang lemah akan jadi kesempatan karyawan untuk berbuat curang.  Ingatlah, bahwa sering sekali kejahatan terjadi karena adanya sebuah kesempatan. Jika perusahaan tidak selalu mengontrol kerja karyawan dan bertindak tegas untuk setiap kesalahan, maka dapat dipastikan karyawan akan tidak ragu-ragu untuk melakukan fraud. Apalagi, di zaman saat ini, sering sekali hubungan kekeluargaan menjadi pintu masuk seseorang dapat bekerja dalam perusahaan, hal ini dapat dijadikan karyawan tersebut untuk semena-mena, tidak peduli dan sombong terhadap karyawan lainnya.

  • Tekanan dalam diri karyawan.

Tekanan yang dimaksudkan disini dapat dari keluarga maupun keuangan. Sering sekali, karyawan melakukan kecurangan terhadap data keuangan karena membutuhkan uang dan merasa bahwa perusahaan tidak akan tahu kecurangan yang dilakukannya.

Check Also

Sebanyak 0,37 gr Ca(OH)²(Mr=74) dilarutkan dalam air sampai volume 250 mL,maka PH larutan yg terbentuk adalah

Diketahui : • Massa dari Ca(OH)₂ = 0,37 gram • Mr Ca(OH)₂ = 74 • …