Secara teoritis, pelaksanaan design jabatan dilakukan setelah ada uraian dan spesifikasi jabatan. Menurut Anda, apakah organisasi dapat membuat design jabatan sebelum ada uraian dan spesifikasi jabatan?

Secara teoritis, pelaksanaan design jabatan dilakukan setelah ada uraian dan spesifikasi jabatan. Menurut Anda, apakah organisasi dapat membuat design jabatan sebelum ada uraian dan spesifikasi jabatan?

Jawaban

Jika dipandang secara teoritis, pelaksanaan design jabatan akan dilakukan setelah uraian dan spesifikasi jabatan ada. Namun menurut saya, jika melihat berdasarkan tujuan dari design jabatan, spesifikasi jabatan maupun uraian jabatan, dapat disimpulkan bahwa organisasi dapat membuat desain jabatan sebelum ada uraian dan spesifikasi jabatan, Karena melalui desain jabatan yang dibuat, kita juga dapat membuat gambaran lebih jelas mengenai uraian dan spesifikasi jabatan yang harus dimiliki seorang individu sebelum masuk kedalam organisasi.

Pembahasan

Sebelum menjawab soal diatas, kita harus terlebih dahulu memahami apa dan tujuan dari uraian jabatandesain jabatan dan deskripsi jabatan.

  • Uraian jabatan

Bertujuan untuk menguraikan atau menjelaskan tentang sebuah jabatan/pekerjaan yang ada dalam suatu organisasi atau apa yang harus dilakukannya dalam organisasi tersebut. Nama lain dari uraian jabatan yaitu job description, yang berisi tentang apa tugas seseorang dalam organisasi tersebut.

  • Spesifikasi jabatan

Bertujuan sebagai syarat kualifikasi seseorang untuk diterima dalam menjalankan suatu jabatan dalam organisasi. Nama lain dari  Spesifikasi jabatan yaitu job spesification, yang berisi tentang rincian kualifikasi yang diperlukan seperti nama, pengetahuan, kecakapan bekerja dan sebagainya yang harus dipenuhi oleh seseorang

  • Desain jabatan

Bertujuan dalam mengatur penugasan kerja anggota untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Dapat diartikan bahwa melalui desain jabatan, pekerjaan yang dilakukan akan lebih jelas dan terarah serta meningkatkan motivasi anggota. Nama lain dari desain jabatan adalah Job Design.

Berdasarkan penjelasan mengenai tujuan dari uraian jabatan, spesifikasi jabatan maupun desain jabatan, maka dapat disimpulkan bahwa organisasi dapat membuat desain jabatan sebelum ada uraian dan spesifikasi jabatan, Karena melalui desain jabatan yang dibuat, kita juga dapat gambaran lebih jelas mengenai uraian dan spesifikasi jabatan yang harus dimiliki seorang individu sebelum masuk kedalam organisasi.

Check Also

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba Sebutkan pemberontakan yang berasal dari dalam!

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba …