Melalui gigitan nyamuk atau serangga, virus HIV/AIDS tidak dapat ditularkan kepada manusia disebabkan

Melalui gigitan nyamuk atau serangga, virus HIV/AIDS tidak dapat ditularkan kepada manusia disebabkan

Jawaban

Nyamuk merupakan spesies serangga yang dapat berperan dalam berbagai penyakit mulai dari demam berdarah, chikungunya, malaria, kaki gajah hingga infeksi virus Zika. Melalui gigitan nyamuk atau seranggavirus HIV / AIDS tidak dapat ditularkan kepada manusia karena disebabkan oleh tingkat tahan lama virus yang lemah pada tubuh nyamuk atau dalam kata lain virus keburu mati pada saat dibawa terbang (B).

Pembahasan

  • Berbagai jenis virus dan parasit penyebab penyakit ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitannya. Ada berbagai jenis nyamuk dan setiap jenis dapat menularkan penyakit yang berbeda. Misalnya, infeksi virus dengue, chikungunya, dan Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, sedangkan malaria dan penyakit kaki gajah ditularkan oleh nyamuk Anopheles.
  • Serangga seperti nyamuk tidak “menyuntikkan” darah dari orang atau hewan yang telah mereka gigit sebelumnya. Meski virus HIV bisa berada di dalam tubuh nyamuk, virus ini sangat rentan. Singkatnya, virus tidak bisa bertahan lama di dalam tubuh nyamuk, hanya bisa hidup sebentar atau penularan HIV tidak dapat terjadi melalui gigitan nyamuk atau kontak kulit dengan darah nyamuk karena HIV tidak bertahan lama dalam sistem tubuh nyamuk.

Check Also

Jelaskan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa​

Fungsi Pokok Pancasila Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa artinya pancasila adalah pemberi petunjuk dalam mencapai …