Menjaga keutuhan nasional, memberi banyak manfaat bagi Indonesia ataupun bagi negara lain. Manfaat internal menjaga keutuhan nasional, yaitu?

Menjaga keutuhan nasional, memberi banyak manfaat bagi Indonesia ataupun bagi negara lain. Manfaat internal menjaga keutuhan nasional, yaitu?

Jawaban

Keutuhan nasional memberi banyak sekali manfaat bagi Indonesia seperti:

  • menciptakan persatuan dan kesatuan
  • menciptakan masyarakat yang aman dan tertib
  • memperkuat ikatan persaudaraan
  • memfasilitasi pencapaian tujuan nasional

Pembahasan

Dalam sebuah negara orang tidak  hidup sendiri. Akan ada warga negara lain yang juga tinggal di negara ini. Jika tidak ada persatuan, tidak mungkin suatu negara melindungi warganya. Satuan itu sendiri memiliki arti:  “Penggabungan berbagai budaya yang berbeda menjadi satu kesatuan yang harmonis.” Saling memahami perbedaan tersebut akan mampu membuka wawasan yang lebih luas untuk memahami hal yang berbeda.Untuk mencapai ini, persatuan adalah jalan utama. Setiap perbedaan, jika bisa digabungkan menjadi satu, bisa menjadi  kekuatan bersama.

Prinsip-prinsip persatuan berikut berlaku untuk negara kita Indonesia:

  1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika
  2. Prinsip nasionalisme Indonesia
  3. Asas Kemerdekaan yang Bertanggung Jawab
  4. Asas Wawasan Nusantara
  5. Asas Kesatuan Dalam Pembangunan Untuk Mewujudkan Mimpi Reformasi 1087

Dengan tercapainya persatuan dan kesatuan yang kokoh, beberapa manfaat dapat dirasakan. Manfaat persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Perbedaan

Sebagaimana disebutkan di atas, perbedaan antar individu, budaya atau ras dapat diatasi melalui persatuan.Jika Anda saling memahami, persatuan akan mungkin terjadi. Ini akan menjadi kekuatan yang sangat ampuh untuk menjaga hubungan yang harmonis.

2. Memperlancar pencapaian tujuan nasional

Tujuan nasional  bangsa Indonesia adalah:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Promosi kebaikan bersama.memperkaya kehidupan suatu bangsa.
  • Ikut serta dalam mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial
  • Ini akan tercapai bila kita  bersatu.

3. Menjaga Keutuhan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dengan  bersatu, kita dapat meminimalisir perpecahan yang dapat mengganggu keutuhan dan keamanan  negara. Hal ini dapat tercapai jika setiap warga negara dapat memiliki tingkat solidaritas yang tinggi, teman yang setia  dan toleransi  satu sama lain.

4. Hubungan Tertutup

Rasa keintiman dapat dibangun melalui persatuan dan kohesi yang kuat. Dari sini, semua warga  bisa hidup rukun satu sama lain, rajin membantu, dan juga ramah.

5. Pembangunan Nasional Lebih Mudah

Rasa persatuan dapat membangkitkan rasa kepedulian yang kuat. Setiap warga negara akan menjaga pembangunan negara dan berusaha semaksimal mungkin agar  berjalan  lancar. Bentuk bantuan yang dapat diberikan adalah  membayar pajak tepat waktu atau menjaga lingkungan dari berbagai bahaya. Dengan cara ini, negara akan dapat berkembang pesat, terutama di bidang pembangunan.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak