Serangan tangan arah bawah meliputi

Serangan tangan arah bawah meliputi

Jawaban

Serangan tangan arah bawah merupakan salah satu teknik dalam olahraga pencak silat yang biasa disebut dengan Bandul/Canggah.

Bandul merupakan salah satu teknik dalam pencak silat yang biasanya disebut pukulan sangkal. Serangan dengan tangan arah bawa ini memiliki ciri-cirinya yaitu salah satu tangan mengepal serta menghadap ke atas.  Posisi tangan dalam melakukan pukulan menekuk 90 derajat, dan posisi akhir kedua tangan dibuat menyilang di depan dada

Pembahasan

Pencak silat merupakan olahraga bela diri yang mengandung nilai-nilai seni tradisional dari Negara Indonesia. Olahraga ini sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 2019 sebagai warisan budaya tak benda. Pencak silat sendiri adalah olahraga (keahlian) mempertahankan diri dengan keahlian menyerang, menangkis, dan membela diri dengan menggunakan maupun tidak menggunakan senjata. Terdapat beberapa jurus dalam olahraga pencak silat di antaranya yaitu Jurus Kuntao, Jurus Pulo Kali, Jurus Brajamusti, Jurus Silat Pamur, Jurus Kelima.

Berikut ini adalah peraturan pertandingan dalam olahraga pencak silat:

  1. Pertandingan pencak silat dilakukan dalam tiga babak. Waktu Setiap babak yaitu 2 menit dan jeda memiliki jeda waktu selama satu menit.
  2. Peserta olahraga pencak silat yang bertanding diharuskan memenuhi pembelaan (tangkisan, elakan, hindaran), serangan menuju sasaran, mengunci serta menjatuhkan lawan.
  3. Dalam pertandingan olahraga pencak silat setiap peserta harus melakukan serangan yang memiliki pola yang meliputi sikap awal, pasangan, koordinasi gerakan, hingga kembali ke sikap awal lagi.

Check Also

Rumus memainkan alat musik recorder

Rumus memainkan alat musik recorder Jawaban Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memainkan alat …