Apa sajakah unsur-unsur pendukung dalam seni tari? Sebutkan dan jelaskan!

Apa sajakah unsur-unsur pendukung dalam seni tari? Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban

Unsur-unsur pendukung dalam seni tari:

  1. Gerak tari
  2. Properti
  3. Iringan musik
  4. Kostum tari atau busana tari
  5. Panggung atau tata pentas tari

Pembahasan

Tari adalah gerak tubuh yang berirama sebagai ekspresi jiwa pencipta gerak yang menciptakan unsur keindahan dan makna yang dalam. Tari menekankan konsep kreatif dan koreografi.  

Unsur pendukung tari adalah:

  1. Gerak Tari, Hubungan antara gerak dan ruang dalam tari adalah bahwa ruang merupakan faktor utama dalam menentukan hasil gerak dalam tari. Jika tidak ada ruang gerak, maka gerak tari tidak akan terjadi.
  2. Properti adalah segala perlengkapan yang digunakan untuk menciptakan keindahan suatu pertunjukan tari. Ada banyak jenis, bentuk dan ciri ciri tari. Contoh properti tari antara lain selendang  (sampur), kipas angin, rebana, payung, tongkat, kellis, kundricks, pedang, mandau, tombak, kendang, piring,  dan panah.
  3. Iringan, Karena iringan memegang peranan penting dalam tari, maka hubungan antara iringan dan gerak tari  tidak dapat dipisahkan. Iringan  dapat membantu penari menyesuaikan pola gerakan, menghitung ritme, ketukan, dll, dan mencapai harmoni.
  4. Gaun / Kostum, Kehadiran kostum dalam sebuah pertunjukan merupakan unsur yang  mendukung tema dan isi tari serta memperjelas maksud dan tujuan pesan yang ingin disampaikan. Setiap desain busana biasanya berbeda-beda dari penyajian ke penyajian, tergantung  tema dan konsep tariannya. Contoh pakaian yang digunakan dalam tari antara lain pakaian, celana panjang, kain, ikat kepala,  dan mahkota.
  5. Unsur pendukung lainnya adalah sistem pentas yang berperan sebagai  nilai seni dan sekaligus  menciptakan suasana yang sesuai dengan tema tari. Panggung dibagi menjadi panggung terbuka dan panggung tertutup.

Check Also

Teks hikayat adalah

Teks hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa. yakni merupakan karya sastra lama Melayu …