Jelaskan alternatif-alternatif pemecahan masalah sehingga keadaan krisis, terutama krisis konstitusi dapat diatasi!

Jelaskan alternatif-alternatif pemecahan masalah sehingga keadaan krisis, terutama krisis konstitusi dapat diatasi!

Jawaban

Dalam suatu ikatan tertentu, seringkali terjadi masalah yang menimbulkan banyak dampak, salah satunya adalah keadaan krisis. Alternatif pemecahan masalah sehingga masalah tersebut terutama krisis konstitusi dapat terselesaikan adalah demonstrasi, unjuk rasa, dan kritik.

Pembahasan

Konstitusi adalah dasar hukum tertinggi yang menjadi pedoman negara dalam menjalankan pemerintahan. Konstitusi juga dapat mengalami suatu krisis yang menyebabkan suatu dampak buruk bagi negara itu sendiri.

Contoh dari krisis konstitusi adalah sebagai berikut.

– kurangnya keadilan bagi orang-orang yang tidak memiliki kekuasaan dan uang

– korupsi yang semakin merajalela, dan masih banyak lagi.

Salah satu alternatif pemecahan masalah krisis konstitusi adalah dengan demonstrasi, unjuk rasa, dan kritik melalui media sosial. Cara agar demonstrasi tersebut dapat tersampaikan adalah dengan menyuarakannya secara sistematis sesuai dengan hal yang ingin diaspirasikan dan tidak anarkis, karena sifat anarkis tersebut yang dapat menghentikan suatu demonstrasi, begitu juga dengan kritik melalui media sosial, kritik tidak boleh mengandung unsur SARA, ajakan untuk menyerang, provokasi, dan masih banyak lagi.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …