Ketika Dion memanaskan secara terus menerus sebuah besi dan timah pada suhu yang sama, maka yang terjadi adalah

Ketika Dion memanaskan secara terus menerus sebuah besi dan timah pada suhu yang sama, maka yang terjadi adalah

Jawaban

Hal ini dapat dikelompokkan atau dapat diamati dari titik beku, titik lebur dan titik didih suatu unsur

Pembahasan

Titik beku

Dapat diambil contoh seperti saat kita ingin membuat es batu. Tentunya kita kan memasukkan air kedalam suatu cetakan atau kantung plastik ke dalam freezer kemudian didiamkan hingga beberapa jam atau keesokan harinya akan berubah menjadi es batu. Fase inilah yang semula berupa cairan berubah fae atau bentuk menjadi sebuah padatan yaitu es batu. Fenomena ini yang yang dinamakan membeku, ketika air telah memasuki atau mencapai titik bekunya maka akan berubah menjadi padatan yang kita kenal dengan “es”.

Titik Didih

Titik didih adalah ketika air yang berupa cairan, mendidih dan berubah menjadi uap gas air akibat dari energi panas yang mengakibatkan percepatan dari pergerakan molekul air dan terlepas menuju udara akibat ikatan antara molekul air yang melemah akibat dipanaskan.

Berbeda dengan suhu uap air yang hanya terjadi di permukaan air, suhu didih terjadi seluruhnya di dalam air.

Mengapa air mendidih saat dipanaskan?

Di dalam air terdapat molekul-molekul air yang terakumulasi membentuk air dalam bentuk cair. Setiap molekul memiliki ikatan yang menarik yang mengalir melalui satu sama lain.

Ketika dipanaskan, gerakan antarmolekul omnidirectional menjadi tidak stabil. Ikatan yang terjadi antar molekul  berjauhan dan lemah. Juga, tekanan  uap air sama atau berbanding lurus dengan tekanan udara luar, sehingga menguap ke udara.

Titik Lebur

Titik leleh juga disebut titik leleh. Ketika es yang  kita buat ditempatkan di luar ruangan pada suhu kamar (2130⁰C), es  pasti akan menjadi cair dalam bentuk air dari waktu ke waktu. Kondisi  yang disebut es

ini telah mencapai titik leleh yang terjadi hingga batas didih 100 °C pada tekanan 1 atmosfer pada suhu di mana titik leleh atau titik leleh air melebihi 0 °C.

Pada soal tersebut, besi dan timah dipanaskan secara terus pada suhu yang sama

Diketahui titik didih besi sebesar 1.538°C dan titik lebur timah 231,9°C, maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi titik lebur maka semakin lama unsur tersebut untuk berubah bentuk atau meleleh. Disini titik lebur  timah lebih tinggi daripada besi maka besi akan meleleh terlebih dahulu saat dipanaskan secara terus menerus.

Check Also

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan Jawaban Berikut contoh 10 kewajiban manusia atas hutan: Wajib …