Pengakuan dari negara lain bisa didapatkan oleh suatu negara dengan cara?

Pengakuan dari negara lain bisa didapatkan oleh suatu negara dengan cara?

Jawaban

Pengakuan dari negara lain bisa didapatkan oleh suatu negara dengan cara Hubungan Internasional. Hubungan internasional sendiri merupakan hubungan suatu antar bangsa, kelomppok serta masyarakat dunia, dengan kekuatan, proses yang menentukan cara hidup, berfikir, dan bertindak.

Pembahasan

Hubungan internasional juga dikenal sebagai politik internasional. Salah satu keuntungan dari hubungan internasional adalah untuk mewujudkan aspek kepentingan nasional negara tersebut. Contoh urusan internasional adalah diplomasi, politik internasional, dan organisasi internasional. Hubungan internasional ini penting untuk memenuhi antar bangsa. Tujuan utama dari hubungan internasional ini adalah agar dua negara atau lebih saling mendapatkan keuntungan. Kerja sama bilateral dapat meningkatkan kebutuhan ekonomi dan masyarakat.

 Manfaat hubungan internasional meliputi: Kemampuan memecahkan masalah internasional yang mendorong pembangunan nasional di berbagai bidang, Dapat mengurangi ketegangan dan konflik global, Menjaga keseimbangan hubungan internasional dan Proses pembangunan nasional dapat membantu mencapai tujuan nasional

Faktor-faktor yang Membentuk Hubungan Internasional Dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain yaitu:

  1. Faktor Internal , Negara-negara mengkhawatirkan kelangsungan hidup mereka. Misalnya, satu negara mengancam dan negara lain melakukan kudeta atau campur tangan. Faktor internal inilah yang menjelaskan belum terpenuhinya kepentingan negara. Kekuatan pendorong internal ini membuat  negara lebih rentan terhadap hubungan politik dan dukungan dari negara lain. Faktor internal dapat berupa ekonomi, politik, budaya, dan keamanan.
  2. Faktor Eksternal Menjelaskan bahwa negara tidak dapat mandiri tanpa kerjasama dan dukungan negara lain. Faktor eksternal ini menjelaskan perbedaan dan kemampuan  negara. Perbedaan  ilmu pengetahuan, iklim, pekerjaan, pemerolehan budaya, dll mempengaruhi faktor eksternal. Oleh karena itu, faktor eksternal memerlukan hubungan internasional untuk menciptakan dunia yang tertib, aman, damai, dan sejahtera.

Check Also

Perintah memakan makanan yang halal lagi baik terkandung dalam surat

Perintah memakan makanan yang halal lagi baik terkandung dalam surat Jawaban Perintah memakan makanan yang …