Posisi negara Indonesia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudra Jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia adalah

Posisi negara Indonesia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudra Jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia adalah

Jawaban

Posisi negara Indonesia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudra. Jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia adalah berada diantara kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan.

Pembahasan

 Pembentukan suatu daerah tidak terlepas dari penunjukan suatu letak geografis. Letak geografis memberikan gambaran yang sangat jelas tentang letak-letak suatu daerah. Jika jelas, banyak orang akan tahu daerah tersebut. Letak geografis suatu daerah dimulai dari yang terkecil seperti jalan, sampai yang terbesar seperti benua.

Oleh karena itu letak geografis juga digunakan sebagai sarana mengenal dan mengetahui suatu negara, termasuk negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Secara geografis, Indonesia berbatasan dengan dua benua, Australia dan Asia. Indonesia tidak hanya berbatasan dengan dua benua, tetapi juga diapit oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Berada di antara dua  benua Asia dan Australia, Indonesia menciptakan budaya yang cepat meresap ke Indonesia. Apalagi di zaman modern ini, sangat mudah untuk mengenali dan meniru budaya lain.

Korea Selatan yang terletak di benua Asia merupakan salah satu budaya berbeda yang mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya masyarakat Indonesia yang mengenal budaya Korea mengalami akulturasi dan asimilasi. Oleh karena itu, budaya Indonesia akan semakin beragam, seperti genre musik dan genre film.

Banyak orang Indonesia lebih menyukai budaya asing seperti Korea Selatan, namun karena letak geografis Indonesia, budaya Indonesia  dikenal di banyak negara, mulai dari makanan hingga seni. Misalnya nasi goreng, seni leog, seni wayang, cara membuat tie-dye atau celup, dan beberapa bahasa daerah.

Tetapi untuk mendapatkan pangan, kesenian, prestasi, dan lain-lain, seluruh rakyat Indonesia harus bergotong royong menjaga kebudayaan Indonesia.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …