Pendidikan yang menjadi fondasi dari pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah pendidikan

Pendidikan yang menjadi fondasi dari pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah pendidikan

Jawaban

Pendidikan yang menjadi fondasi dari pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah pendidikan keluarga. Sebab anak sebelum sekolah peran keluarga sangat lah penting untuk mencegah anak agar tidak salah bergaul dan tentunya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dimana keluarga adalah orang pertama yang mendidik anaknya sendiri.

Pembahasan

Narkotika dan obat-obatan terlarang adalah barang adiktif, atau adiktif. Selain itu, obat-obatan memiliki efek halusinogen, merangsang dan menghambat. Selama ini persebaran narkotika dari kota  ke pelosok desa sudah meluas. Tak hanya orang dewasa, narkoba  mulai menjangkiti remaja bahkan pelajar sekolah dasar. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah perkembangbiakan dan pemberantasan narkoba, antara lain: Pembentukan Badan Narkotika Nasional (BNN), yang misinya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan penyelundupan narkoba.

 Cara paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba adalah dengan mendidik Pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anak-anaknya agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Keluarga merupakan wadah terpenting dalam proses sosialisasi seorang anak menjadi pribadi yang dewasa. Keluarga merupakan benteng terpenting yang dapat menyelamatkan anak dari masalah narkoba. Pencegahan kecanduan harus dimulai dari keluarga.

Keluarga yang  penuh kasih dan kaya sebenarnya mengambil tindakan pencegahan. Anak-anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan ketenangan pikiran, diberi kesempatan untuk mengekspresikan emosi mereka dan mengungkapkan pendapat mereka, dan dibesarkan untuk membuat keputusan yang bijaksana, cenderung tidak  menyalah gunakan zat.

    Peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan NAPZA: Pendidikan agama dan moral, kasih sayang, keselamatan, bimbingan, dan perhatian,  ada saat dibutuhkan, mengetahui kebutuhan anak, pengawasan aktif dan dorongan prestasi untuk mencapai memberikan prestasi.

Check Also

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan? Jawaban Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis …