Mengapa sidang BPUPKI merupakan bentuk perwujudan sikap musyawarah di dalam mencapai mufakat?

Mengapa sidang BPUPKI merupakan bentuk perwujudan sikap musyawarah di dalam mencapai mufakat?

Jawaban

Sidang BPUPKI adalah bentuk nyata perwujudan sikap musyawarah yang mencapai mufakat karena pada sidang BPUPKI dihasilkan keputusan yang berdasarkan pada kebulatan suara, bukan dengan voting dan aklamasi. Sidang resmi BPUPKI berlangsung dua kali dan semuanya dilaksanakan dengan musyawarah di mana hasilnya berdasarkan mufakat bersama.

Pembahasan

Bapak bangsa kita, dengan beragam gagasan dan pendapat, tetap bisa menyepakati hasil keputusan pada sidang BPUPKI tanpa disertai pertentangan. Mereka tidak mengedepankan ego melainkan menjadikan kepentingan bersama sebagai landasan dalam mengambil keputusan. Semua anggota pada sidang BPUPKI menyetujui keputusan yang diambil sehingga kebulatan suara tercapai. Tak ada satu pun pihak yang merasa dirugikan sehingga majelis dirasa perlu memutuskan hasil sidang lewat voting (suara terbanyak).

Musyawarah untuk mufakat sendiri adalah salah satu amanat Pancasila tepatnya pada sila keempat yang mengandung nilai kerakyatan. Musyawarah untuk mufakat hanya akan bisa tercapai jika semua anggota menyadari bahwa keputusan yang diambil baik untuk kepentingan semua orang. Dalam musyawarah mufakat ini, ada persatuan dan kesatuan yang kokoh, ada pula rasa keadilan yang terjaga sehingga kebulatan suara bisa terwujud. Saat ini, sulit untuk bermusayawarah dan bermufakat. Bahkan di majelis perwakilan rakyat, pengambilan keputusan lebih sering lewat voting dan aklamasi.

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …