Bagaimana cara mewujudkan persatuan dan kesatuan?

Bagaimana cara mewujudkan persatuan dan kesatuan?

Jawaban

Cara mewujudkan persatuan dan kesatuan ialah dengan beberapa sikap berikut ini:

  1. Beribadah bersama
  2. Saling menghormati baik kepada keluarga, teman, terutama pada orang yang lebih tua.
  3. Menghargai perbedaan pendapat
  4. Bersikap tidak mudah marah
  5. Saling menyayangi satu sama lain
  6. Bersikap rela berkorban tanpa pamrih
  7. Saling tolong menolong
  8. Tidak membeda-bedakan setiap perbedaan
  9. Melakukan kerja sama
  10. Menjaga kerukunan baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam masyarakat

Penjelasan

Persatuan dan kesatuan dapat terwujud ketika masyarakat paham akan sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Sila Ke-3 Pancasila ini memiliki nilai persatuan dan kesatuan yang dapat di aktualisasikan dengan beberapa sikap berikut ini:

  1. Beribadah bersama, ketika kita akan melaksanakan ibadah dapat kita lakukan secara bersama-sama misalnya jika seorang muslim yang dapat melakukan ibadah sholat berjamaah di masjid. Begitu pun agama lain, ketika kita berhadapan dengan masyarakat yang berbeda agama maka sikap yang harus dilakukan adalah saling toleransi menghargai setiap orang yang akan beribadah.
  2. Saling menghormati baik kepada keluarga, teman, terutama pada orang yang lebih tua. Sikap saling menghormati ini tentu harus dilakukan setiap orang kepada siapa pun di lingkungan kita terutama kepada orang yang lebih tua dari kita. Hal ini dapat terciptanya kerukunan baik dalam lingkungan keluarga, atau pun masyarakat. Namun sebaliknya, ketika kita melakukan tindakan yang tidak sopan tentu akan memunculkan perpecahan bisa saja terjadi pertengkaran satu sama lain sehingga sikap saling menghormati ini harus kita lakukan kepada siapa pun dan di mana pun kita berada tidak melihat usia, kedudukan, atau pun perbedaan lainnya.
  3. Menghargai perbedaan pendapat, ketika kita berhadapan dengan perbedaan pendapat dengan orang lain maka sikap kita ialah dengan menghargai terutama ketika dilakukannya musyawarah tentu dalam hal ini setiap masyarakat memiliki pendapatnya masing-masing namun, ketika sudah terdapat keputusan yang bulat maka, apa pun keputusannya harus kita terima dengan lapang dada tidak boleh memaksakan kehendak orang lain. Karena setiap orang pun memiliki hak untuk memilih tanpa paksaan. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi pertengkaran antara kelompok sependapat dengan yang tidak sependapat, maka dari itu, sikap saling menghargai dan lapang dada menerima segala keputusannya merupakan poin penting dalam menyikapi adanya setiap perbedaan pendapat.
  4. Bersikap tidak mudah marah, tentu dalam hal ini kita harus dapat mengendalikan emosi ketika terdapat sesuatu yang itu membuat kita kesal dan marah. Sikap yang harus dilakukan ialah dengan tidak mudah marah jika bisa masalah tersebut diselesaikan dengan baik-baik dengan hati yang bijak tanpa adanya emosi yang harus di kedepankan. Ketika sudah muncul sikap marah seseorang maka bisa terjadi pertengkaran satu sama lain dan hal ini akan merusak kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
  5. Saling menyayangi satu sama lain, tentu sesama manusia yang merupakan makhluk sosial maka kita harus saling menyayangi baik kepada lingkungan keluarga kita atau pun kepada masyarakat sekitar. Karena ketika kita memiliki sikap saling menyayangi akan dijauhkan dengan adanya pertengkaran.
  6. Saling tolong menolong, tentu sikap ini merupakan hal penting ketika seseorang terkena musibah maka kita harus menolongnya, karena sejatinya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan akan terus membutuhkan satu sama lain.
  7. Tidak membeda-bedakan setiap perbedaan, tentu ketika adanya perbedaan sikap kita ialah dengan menghargai perbedaan tersebut, tidak perlu adanya sikap membanggakan diri sehingga merendahkan yang lain jika hal ini terjadi tentu akan terjadi pertengkaran karena perbedaan yang ada. Indonesia merupakan negara yang multikultural sehingga harus bersikap wajar ketika kita berhadapan dengan perbedaan yang paling penting ialah bagaimana kita saling menghargai setiap perbedaan yang ada. Jadikan perbedaan ini menjadi suatu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sehingga dapat terwujudnya persatuan dan kesatuan yang utuh.

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …