Q.S An-Najm ayat 39-42 berisi tentang​?

Q.S An-Najm ayat 39-42 berisi tentang​?

Jawaban

Q.S An – Najm ayat 39 sampai ayat 42 membahas mengenai sebuah usaha dalam memperoleh sesuatu.

Dalam surah An – Najm ayat 39 – 42 menjelaskan tentang:

  1. Dalil yang mengajak agar umat Islam berusaha atau berikhtiar dalam memperoleh sesuatu, sebab Allah telah menyatakan bahwasanya manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.
  2. Setiap usaha yang kita lakukan akan Allah perlihatkan hasilnya kepada kita.
  3. Setiap amalan baik yang kita lakukan kelak akan Allah berikan pahala dan juga kebaikan.

 

Pembahasan

Berikut Al-Qur’an Surat An – Najm ayat 39 sampai 42:

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ . وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ . ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ . وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ ٱلْمُنتَهَىٰ

“Dan manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya (39). Dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan hasilnya (kepadanya) (40). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna (41). Dan sesungguhnya kepada Tuhanmu lah kesudahannya (segala sesuatu) (42).” (QS. An – Najm : 39-42)

Isi kandungan Al-Qur’an surat An – Najm ayat 39 sampai ayat 42 adalah sebagai berikut:

Dengan melalui ayat ini Allah Swt berjanji akan memberi balasan yang sempurna kepada orang yang mau berusaha keras. Setiap usaha atau ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan hidup hendaknya diawali dengan niat yang ikhlas karena Allah Swt semata. Seorang pedagang memasarkan dagangannya di pasar dengan penuh harap akan memperoleh rezeki yang banyak. Seorang petani mencangkul sawah berharap hasil panennya akan melimpah. Seorang tukang becak mengayuh becaknya sekuat tenaga untuk mengantarkan penumpangnya sampai ke tujuan. Seorang karyawan bekerja di kantor agar pekerjaannya segera selesai.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …