Untuk keperluan akuntansi suatu aktiva dan kewajiban mata uang asing dikatakan menghadapi resiko mata uang jika pada kondisi yang seperti apa?

Untuk keperluan akuntansi suatu aktiva dan kewajiban mata uang asing dikatakan menghadapi resiko mata uang jika pada kondisi yang seperti apa?

Jawaban

Dalam hal keperluan akuntansi suatu aktiva dan kewajiban mata uang asing dikatakan menghadapi resiko mata uang jika pada kondisi jika suatu perubahan kurs nilai tukar mata uang menyebabkan mata uang induk perusahaan (pelaporan) juga berubah. Transaksi mata uang bisa terjadi langsung di pasar spot, pasar forward atau pasar swap.

Pembahasan

Transaksi mata uang asing adalah aktivitas ekonomi yang dinyatakan dalam mata uang selain mata uang pencatatan suatu entitas. Kurs pasar spot dipengaruhi berbagai faktor, termasuk juga perbedaan tingkat inflasi antar Negara, perbedaan pada saham nasional dan espektasi mengenai arah tingkat mata uang selanjutnya, kurs ini bersifat langsung atau tidak langsung.

Kurs nilai tukar variable, yang digabungkan dengan berbagai macam metode translasi yang dapat digunakan dan perbedaan perlakuan atas keuntungan dan kerugian translasi, membuat perbandingan hasil keuangan satu perusahaan dengan perusahaan lain, atau perbandingan hasil suatu perusahaan yang sama dari suatu periode lain sulit dilakukan. Keadaan ini merupakan tantangan bagi perusahaan multinasional untuk menyediakan pengungkapan informasi hasil operasi dan posisi keuangan.

Check Also

Rumus memainkan alat musik recorder

Rumus memainkan alat musik recorder Jawaban Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memainkan alat …