Segala sesuatu yang digunakan untuk memproduksi suatu barang atau benda dalam berwirausaha disebut?

Segala sesuatu yang digunakan untuk memproduksi suatu barang atau benda dalam berwirausaha disebut?

Jawaban

Segala sesuatu yang digunakan untuk memproduksi suatu barang atau benda dalam berwirausaha disebut Alat. Selain alat, dalam berwirausaha juga masih banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam mendirikan sebuah usaha seperti : tenaga, uang atau modal, bahan, teknik atau cara menghasilkan suatu produk, cara memasarkan dan memberikan informasi kepada masyarakat.

Pembahasan 

Ketika berwirausaha kita harus mengetahui tentang proses produksi. Produksi adalah proses menciptakan, mengolah sampai pada akhirnya menghasilkan sebuah produk, barang dan jasa. Pernah kita mendengar tentang istilah kebutuhan dalam kegiatan produksi di bidang kewirausahaan dengan singkatan 6M+1i yang artinya sebagai berikut :

  1. Man (Manusia) : Tenaga yang digunakan untuk menghasilkan sebuah barang. Tenaga yang dimaksud disini adalah manusia yang ada didalamnya.
  2. Money (Uang) : Modal yang dipergunakan untuk proses produksi.
  3. Material (Bahan) : Bahan-bahan yang disiapkan dalam membuat sebuah barang dan produk selama kegiatan produksi mulai dari bahan mentah sampai bahan jadi.
  4. Machine (Alat) : Selain menggunakan tenaga manusia juga diperlukan mesin atau alat yang digunakan untuk memproduksi barang sebagai penunjang kegiatan produksi.
  5. Method (Cara) : Teknik yang dipergunakan dalam menciptakan, mengolah sampai menghasilkan sebuah produk atau bahan dari kegiatan produksi.
  6. Market (Pasar) : Proses memasarkan produk yang dihasilkan dari kegiatan produksi kepada masyarakat
  7. Information (Informasi) : Proses menyampaikan informasi detail produk kepada masyarakat terkait produk yang dihasilkan.

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …