Berikut ini yang bukan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia adalah

Berikut ini yang bukan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia adalah

Jawaban

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang dicetuskan pertama kali pada tanggal 1 Juni 1945. Yang bukan merupakan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia ialah Mengatasi berbagai pertentangan kesenjangan sosial.

Pembahasan

Pancasila tentu diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia karena mengingat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan nilai-nilai yang sesuai dengan bangsa Indonesia. Pancasila sudah sepatutnya kita implementasikan baik dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Dengan demikian, terdapat beberapa fungsi Pancasila, yaitu:

  1. Pancasila sebagai ideologi negara, ideologi merupakan pandangan untuk menjadikan sebuah pedoman kehidupan. Pancasila sendiri memiliki sifat ideologi yang terbuka setiap nilai-nilainya bersifat dasar sehingga ketika ada perubahan Pancasila akan tetap kokoh karena memiliki nilai-nilai yang dasar yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan, dan Keadilan.  Sehingga untuk mewujudkan setiap kemajuan dan pembangunan bangsa dan negara harus berpandangan pada Pancasila tanpa terkecuali.
  2. Pancasila sebagai dasar negara, karena Pancasila disebut pula oleh Dasar Falsafah Negara yang di mana setiap pelaksanaan ketatanegaraan harus berdasarkan Pancasila. Misalnya dalam pembuatan kebijakan pemerintah pun harus bersandar pada nilai-nilai Pancasila. Perlu diingat bahwa Pancasila ini harus dilaksanakan secara konsisten. Sehingga setiap visi dan misi bangsa Indonesia pun harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
  3. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, hal ini dapat ditandai bahwa lahirnya bersamaan dengan pada zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Sehingga pada saat itu Pancasila telah ada dan menjadi jiwa bangsa sehingga masyarakat telah mengenal nilai-nilai di dalamnya yang merupakan jiwa masyarakat Indonesia.
  4. Pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya tingkah laku setiap masyarakat Indonesia yang memiliki ciri khas yang berbeda, sehingga setiap tingkah laku yang berbeda ini tetap harus bersandarkan Pancasila .Nilai-nilai budaya yang berkembang dalam masyarakat Indonesia sudah tersirat secara langsung dalam nilai-nilai Pancasila, dengan demikian pada saat itu masyarakat dengan mudah menerima dasar negara kita yaitu Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
  5. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, tentu Pancasila merupakan dasar negara yang akan memberikan arah dan pedoman untuk mewujudkan setiap tujuan pembangunan bangsa. di mana setiap nilai-nilai di dalamnya harus diaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar terciptanya ketertiban dan ketenteraman juga kesejahteraan bangsa Indonesia. Ketika masalah bangsa datang pun harus dapat diatasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang tidak merugikan salah satu pihak.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …